Wednesday, August 7, 2019

9 Makanan Minuman Khas Bulan Ramadhan yang Paling Sering dijumpai Banyak Orang

9 Makanan Minuman Khas Bulan Ramadhan yang Paling Sering dijumpai Banyak Orang - Assalamu'alaykum. Halo sobat sekalian. Gimana aktivitasnya hari ini?. Masih pada lancar dan tetap semangat kan?. Tak terasa sudah mau lebaran ya. Mudah-mudahan sobat sekalian selalu sehat wal'afiat. Amiin ya rabb.

9 Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan yang Paling Sering dijumpai Banyak Orang


Tepat pada bulan ramadhan ini, mudah-mudahan ibadah kita semakin terus meningkat ya dan diberkahi oleh Allah subhanahu wata'ala.

Terkait bulan ramadhan, tidak hanya berbicara mengenai ibadah, namun juga terlintas sejenak dalam pikiran kita tentang makanan dan minuman yang sering kita jumpai saat ramadhan tiba.

Makanan dan minuman itu juga bisa dibilang tergolong sesuatu yang khas pada bulan ramadhan. Apa kira-kira ya tebakan sobat tentang makanan dan minuman itu?.

Nah, dari pada bingung-bingung. Sama-sama kita paparkan yuk, sob.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas kembali seputar kuliner yang pasti akan membuat kita penasaran untuk mengetahuinya. Nah, berikut ini akan kita paparkan mengenai 9 Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan yang Paling Sering dijumpai Banyak Orang .

Dari pada sobat makin penasaran kan, mari kita sama-sama simak ulasan berikut ini ya.


1. Kurma

Makanan khas pertama itu adalah kurma. Siapa sih sobat sekalian yang tidak tau makanan yang satu ini?. Kalau ada sobat yang belum tau apa itu kurma, ini sob ane kasih sedikit bocoran gak apa-apa lah ya.

Kurma makanan khas ramadhan


Kurma adalah buah, yang mana buah ini merupakan buah yang berasal dari daerah timur tengah sana, sob. Buah yang satu ini sangat banyak peminatnya di kala ramadhan tiba, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Rasa yang manis inilah membuat kurma sangat digemari semua kalangan usia.

Manfaat kurma itu sangat banyak. Salah satu manfaat kurma yaitu mengatasi anemia, mencegah stroke, dan masih banyak lagi. 

Makanan yang manis seperti buah kurma ini sangat dianjurkan saat berbuka puasa. Bahkan sangat banyak sekali orang yang mengawali buka puasa dengan mengkonsumsi buah kurma. Makan kurma saat mengawali buka puasa itu sunnah Rasulullah loo, sob. Jadi, sobat jangan lupa buka dengan mengkonsumsi kurma ya.

2. Kolak

Makanan khas bulan ramadhan yang berikutnya yaitu kolak. Rasa yang manis membuat kolak menjadi salah satu makanan favorit di kala berbuka puasa. Mengkonsumsi makanan manis itu sangat dianjurkan saat berbuka puasa. Ini bertujuan unt menstabilkan tenaga kita. 

Kolak makanan khas ramadhan
Sumber : tokopedia.com

Kolak pun sangat beraneka ragam menunya. Ada kolak durian, kolak pisang, dan lain sebagainya. Untuk memberi rasa nikmat, menu-menu itu biasanya dicampur dengan kuah yang manis. Nah, sobat tinggal milih menu yang mana yang sobat sukai.

Kalau sobat tidak sempat membuatnya, banyak kok orang yang berjualan kolak saat sore hari menjelang berbuka puasa. Sekalian ngabuburit lah yakan, sob. Hehehehe..

3. Cincau atau lengkong

Nah, berikutnya yaitu dari golongan minuman. Namanya adalah cincau atau lengkong. Biasanya orang menyebutnya cincau, ada pula yang menyebutnya lengkong. Mungkin tergantung daerah kali ya, sob. Ane lebih sering menyebutnya lengkong, sob.

Cincau makanan khas ramadhan
Sumber: republika.co.id

Kalau sobat jalan-jalan sore menjelang berbuka, pasti banyak tu orang yang berjualan cincau atau lengkong. Biasanya orang menjualnya dengan menu yang sudah ada yaitu es cincau. 

Perlu diketahui, bahwa cincau ini merupakan sebuah makanan yang berjenis agar-agar yang dibuat dari daun-daunan yang disebut dengan tumbuhan mesona.

Manfaat cincau ini pun sangat baik untuk tubuh. Misalnya untuk mengobati demam, panas dalam, dan biasanya ada sebagian orang yang mengatakan bahwa cincau ini merupakan zat anti kanker yang sangat baik untuk tubuh. 

4. Es campur

Orang Indonesia memang unik ya, sob. Banyak sekali variasi untuk membuat sesuatu yang unik. Minuman yang satu ini sudah tidak asing lagi kita dengar. Selain rasanya yang segar, harga es campur pun tidak menguras kantong kok, sob. Alias murah.

Es campur minuman khas ramadhan
Sumber: idntimes.com

Banyak variasi orang untuk membuat es campur. Biasanya es campur merupakan campuran dari cincau, kolang kaling, santan, cendol, es, susu, dan sirup. Tergantung selera masing-masing, sob.

5. Gorengan

Siapa sih yang tidak tau apa itu gorengan?. Makanan yang satu ini merupakan makanan yang sangat banyak kita jumpai di warung-warung sederhana. Gorengan juga menjadi salah satu makanan favorit saat bulan ramadhan.

Gorengan makanan khas ramadhan
Sumber: tirto.id

Gorengan sangat bermacam jenisnya. Ada ba'wan, risol, tempe, pisang goreng, ubi, dan lain sebagainya. Biasanya orang suka makan gorengan dibarengi dengan saus ataupun cabe hijau. Dan gorengan ini pun biasa dijadikan cemilan saat berbuka puasa.

Pasti sobat pernahkan makan gorengan?. Kalau belum, segera ya, sob. Biar dibilang kekinian. Hehehe..

6. Bubur

Makanan yang berikutnya yang juga tidak kalah mantap yaitu bubur. Makanan ini juga sangat sering kita jumpai di sekitar kita, sob. Banyak orang mengkonsumsi bubur saat berbuka puasa. Bubur pun sangat banyak aneka macamnya. Ada bubur ayam, bubur sum-sum, bubur kacang hijau, bubur candel, dan masih banyak lagi.

Selain memiliki rasa yang manis, bubur juga ada rasanya yang asin. Yang pasti, makanan ini sangat bervariasi rasanya. Jadi, sobat suka makan bubur kan?

7. Es cendol

Kembali lagi ke golongan minuman, yaitu es cendol. Minuman yang satu ini merupakan minuman yang berasal dari Jawa barat. Sudah pasti, dari namanya yang tidak asing didengar, pastinya minuman yang satu ini sangat digemari masyarakat Indonesia.

Dengan campuran gula merah, santan, tepung beras, membuat rasa es cendol pun menjadi semakin mantap. Sobat tidak perlu repot-repot membuatnya, karena sudah banyak orang yang berjualan es cendol.

Tapi kalau sobat rajin, ya gak papa juga sih buat di rumah sendiri. Jangan lupa sekalian buatin punya ane ya, sob. Hehehehe..

8. Es kelapa

Minuman yang tidak kalah mantap yang lainnya yaitu es kelapa. Minuman yang satu ini merupakan minuman yang juga sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Bahan dasar es kelapa yaitu kelapa muda.

Es kelapa minuman khas ramadhan


Biasanya orang membuat es kelapa dengan campuran kelapa muda, es, dan jeruk nipis, atau juga bisa dicampur dengan gula merah. Nah, es kelapa ini sangat bagus dikonsumsi karena akan memberi ion-ion tambahan ke dalam tubuh kita.

9. Es buah

Nah, yang terakhir yaitu es buah. Minuman ini merupakan minuman es yang dicampur dengan buah-buahan. Guna memberi sensasi yang nikmat, es buah biasanya dicampuri sedikit gula agar rasanya pun menjadi manis.

Es buah minuman khas ramadhan


Minuman yang satu ini sangat banyak dijual di sekitar rumah kita. Jadi, sobat tidak usah repot-repot ya untuk membuatnya.

Gimana, sob? Udah pada gak sabaran untuk menyantap? Harap sabar ya karena waktu berbuka masih beberapa jam lagi.

Mungkin itu saja yang dapat ane paparkan pada kesempatan kali ini mengenai 9 Makanan Minuman Khas Bulan Ramadhan yang Paling Sering dijumpai Banyak Orang. Mudah-mudahan bermanfaat ya, sob.

Saturday, March 9, 2019

5 Alasan Orang Suka Ngeblog, Apakah Kamu Salah Satunya?

5 Alasan Orang Suka Ngeblog, Apakah Kamu Salah Satunya? - Akhir-akhir ini fenomena sebuah blog menjadi topik yang tidak sedikit di bahas di kalangan millenial. Bagaimana tidak, banyak sekali berita yang beredar bahwa dunia blog mampu memberi sesuatu yang menjanjikan kepada para bloggernya.

Ini artinya, ngeblog bisa dijadikan suatu passion seseorang untuk meniti karir yang baik di kemudian hari.

Blog sangat banyak sekali manfaatnya, salah satunya yaitu untuk mengembangkan kemampuan menulis kita, Sob. Bagi kamu yang suka menulis, ngeblog bisa dijadikan suatu jalan alternatif agar tulisan kita dibaca orang banyak melalui media online.

Bukan hanya yang hobi menulis, bahkan orang yang ingin menjadi penulis pun juga sangat dianjurkan untuk ngeblog agar tulisannya semakin hari semakin terus berkembang baik.  


Ini dia 5 alasan mengapa orang-orang suka sekali menulis di blog

Ngeblog bisa kita jadikan suatu passion, dan ini banyak yang belum diketahui oleh orang awam. Banyak juga yang beranggapan, ngeblog itu tidak ada manfaatnya alias buang-buang waktu saja.

Tenang, Sob. Jangan putus asa dulu. Fakta membuktikan bahwa banyak juga kok orang yang sukses di dunia blog. Mereka bisa mendapatkan puluhan juta tiap bulannya hanya dengan menulis di blog.

Mungkin itu salah satu alasan kebanyakan orang yang membuatnya ingin sekali bergelut di dunia blog. Tentu semua itu tidak bisa didapat secara mudah dan instan.

Berikut ini akan dipaparkan 5 alasan orang suka ngeblog:

1. Ngeblog membuat kita menjadi santai

Ngeblog

Setiap manusia pasti ingin santai bukan?

Ngeblog bisa menjadi sebuah pilihan untuk itu karena ngeblog hanya kita sendiri yang mengatur waktunya dan juga tidak ada istilah deadline.

Kita bebas untuk bereksperimen meluangkan ide-ide tulisan kita selagi tulisan itu tidak melanggar kode etik, Sob. Selain santai, ngeblog mampu membuat kita lebih percaya diri.

Kenapa percaya diri ya? Ya, karena postingan kita di blog akan dibaca orang banyak melalui media online. Keren bukan?

2. Mengembangkan kemampuan menulis

Siapa bilang semua blogger itu awalnya jago menulis?

Tidak banget, Sob. Kenyataannya banyak blogger yang dulunya baru ngeblog, toh tulisan kacau balau. Ya memang sih tidak semua. Tapi kebanyakan dari mereka mengasah kemampuannya lewat blog.

Blogger

Jadi, ngeblog mampu mengasah kemampuan menulis maupun hobi menulis kita agar semakin lama semakin baik. Bukan tak mungkin juga kita bisa jadi seorang penulis handal dikemudian hari nanti.

3. Menambah banyak teman

Ngeblog juga bisa menambah banyak teman. Kita bisa berkumpul di komunitas blogger atau juga bisa berteman lewat media online.

Menambah banyak teman

Saling mengunjungi blog antar para blogger guna menambah keakraban sesama blogger. Hal ini juga sangat bermanfaat karena kita bisa saling sharing guna menambah ilmu.

4. Sarana promosi

Pada zaman yang serba canggih ini, manusia juga dituntut untuk tidak gaptek. Contohnya seperti teknologi internet.

Sarana promosi

Banyak sekali orang yang mempromosikan sesuatu lewat media internet. Baik itu promosi bisnis/usaha, maupun promosi diri sendiri. Haa, promosi diri sendiri? Beneran?

Tapi jangan berpikiran negatif dulu, Sob. Yang dimaksudkan promosi diri sendiri ini adalah agar orang-orang lebih mengenali kita melalui media online atau lebih dikenal dengan branding.

Blog bisa menjadi alternatif untuk memberi informasi tentang siapa diri kita. Ini juga sering dimanfaatkan sebagian orang untuk melamar suatu perkerjaan dengan tujuan agar perusahaan lebih tertarik untuk merekrut si pemiliki blog.

Metode ini juga bisa menjadi sebuah nilai tambah bagi sebagian orang yang ingin melamar pekerjaan di bidang media digital atau media online.

5. Bisa dijadikan suatu pekerjaan

Blogger

Wow, mendengarnya saja kita sudah bertanya-tanya. Apa mungkin?

Ya sangat mungkin sekali lah, Sob. Seperti yang sudah kita paparkan sebelumnya, bahwa dengan ngeblog kita bisa mendapat keuntungan finansial, Sob. Cara ini tentu idaman kebanyakan anak-anak millenial.

Ngeblog juga suatu pekerjaan yang menyenangkan karena seorang blogger tidak harus capek-capek ngantor, cukup duduk manis di depan layar monitor.

Tentu hal itu bukanlah perkara yang sangat mudah untuk menghasilkan uang. Semua itu butuh proses dan pasti ada tekniknya, serta kerja keras dan semangat pastinya.

Nah, dari pemaparan di atas gimana kira-kira, Sobat? Tertarik ngeblog? Langsung eksekusi ya, Sob. Hehehe...
  
Demikianlah ulasan mengenai 5 Alasan Orang Suka Ngeblog, Apakah Kamu Salah Satunya? 

Semoga menambah semangat dan memberi manfaat kepada kita ya.

Friday, December 21, 2018

9 Makanan khas Medan yang Patut dicoba Saat Berkunjung ke Kota Medan

9 Makanan Khas Medan yang Paling Terkenal - Halo sobat sekalian, lagi pada apa ini? Pastinya sobat masih semangat kan? Ini ane mau bercerita kembali mengenai makanan khas ala nusantara loo, sob. Mari-mari merapat sob agar mendapat ilmu pengetahuan akan budaya nusantara kita. Pastinya seru untuk kita ulas.

9 Makanan khas Medan yang Patut dicoba Saat Berkunjung ke Kota Medan


Bumi nusantara memang tiada duanya yakan, sob. Kata itulah yang sangat cocok untuk menggambarkan dan memuji bumi nusantara kita. Sobat bangga tidak sebagai orang Indonesia?. Kalau ane sih bangga sekali, sob.

Selain orangnya yang sopan dan santun, namun budayanya sangat banyak dan beraneka ragam. Wah, bermacam-macam lah pokoknya, sob.

Kali ini kita akan bercerita tentang makanan khas nusantara dari bumi Sumatera, tepatnya makanan khas Medan. Ahoii Medan!

Sobat sekalian udah pernah ke Medan belum? Sobat tau kan Medan itu di mana? Pasti sudah banyak sobat sekalian yang sudah tau dimana itu Medan. Kalau belum, ini ane kasih tau ya.

Medan merupakan nama ibu kota dari provinsi Sumatera Utara. Yang mana provinsi ini terletak jauh di ujung barat sumatera setalah provinsi Aceh. Walaupun Medan terletak di daerah ujung barat Indonesia, namun Medan juga memiliki banyak cerita tentang sejarah kebudayaannya loo.

Kota Medan merupakan kota yang kaya akan budayanya. Perlu sobat ketahui juga, Medan menyimpan sejuta kuliner yang memanjakan para pengunjung dari luar kota Medan pula.

Jikalau sobat berkunjung ke Kota Medan, jangan lupa dengan kuliner khas ala Medan ya, sob. Bisa dibilang juga sih kalau Kota Medan sebagai kota surga kuliner.

Dari pada sobat makin penasaran, mari simak baik-baik ulasan di bawah ini ya, sob. Berikut ini akan kita paparkan 9 makanan khas Medan yang patut dicoba saat berkunjung ke Kota Medan:


1. Bika Ambon

bika ambon medan
Sumber: www.tribunnews.com

Makanan khas urutan pertama yaitu bika ambon. Siapa sih anak Medan yang tak kenal kue yang satu ini. Jangan ngaku anak Medan sob kalau tidak tau apa itu bika ambon ya, sob.

Namanya bika ambon. Pasti banyak dari sobat luar kota Medan sekalian yang mengira kalau bika ambon berasal dari daerah Ambon sana kan, sob. Nyatanya tidak ya, sob. Bika ambon merupakan makanan khas dari Medan yang sangat terkenal.

Bika ambon merupakan kue dengan warna kuning dan di permukaannya terdapat lubang-lubang kecil. Sobat bisa merasakan nikmatnya bika ambon dikala bika ambon panas, hangat, maupun sudah dingin.

Bika ambon sangat digemari orang-orang Medan. Bahkan kue yang satu ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari Medan. Jadi kalau sobat berkunjung ke Medan, jangan lupa mencicipi kue yang satu ini ya, sob. Sekalian juga bisa dijadikan oleh-oleh. Dijamin deh, pasti enak loo, sob.


2. Bolu Meranti

Bolu meranti medan
Sumber: www.bolumeranti.co.id

Makanan khas berikutnya yang bisa sobat cobai dikala berkunjung ke Kota Medan yaitu bolu meranti. Ada yang unik dari bolu meranti, sob. Bolu meranti memiliki rasa yang khas tersendiri dibanding dengan bolu-bolu yang lainnya.

Bolu meranti juga memiliki berbagai macam rasa yang bisa sobat cobai ni. Ada rasa kacang, keju, nanas, mocca, dan masih banyak lagi. Jadi, kalau sobat bingung mau bawak oleh-oleh khas Medan, bolu meranti juga sangat bisa dijadikan oleh-oleh buat keluarga sobat di rumah. Jangan kelamaan ya, keburu habis bolunya nanti, sobat. 

3. Durian Medan

Durian medan
Sumber: www.ucokdurian.id

Loo, emang durian Medan beda ya dengan durian di daerah lain?
Ya benar sekali, sob. Durian Medan yang satu ini beda loo sob dengan durian lainnya. Selain ukuran duriannya yg jumbo, rasanya pun dijamin tak akan mengecewakan sobat. Bahkan harganya pun juga sedikit lebih menguras kocek tapi pasti sobat tidak kecewa deh. Salah satu durian Medan yang sangat terkenal yaitu durian Ucok

4. Soto Medan

Soto medan
Sumber: www.waspada.co.id

Banyak sebagian besar daerah nusantara yang memiliki makanan khas sotonya masing-masing. Ada soto Betawi, soto Lamongan, dan masih banyak lagi.

Medan juga tidak mau kalah pastinya, sob. Ternyata ada juga loo yang namanya soto Medan. Tentu soto Medan ini memiliki rasa yang berbeda dengan soto-soto yang lainnya. Nah, bagi sobat yang sangat doyan makan soto, bisa dicobai ni soto khas dari Kota Medan yaitu Soto Medan.

5. Pancake Durian

Pancake durian medan
Sumber: www.ceritamedan.com

Makanan khas Medan berikutnya yang sudah tidak asing lagi didengar yaitu pancake durian. Walaupun pancake durian salah satu makanan dari luar negeri, nyatanya makanan ini menjadi salah satu makanan favorit anak Medan.

Pancake durian juga memiliki beraneka macam rasa. Ada rasa original, mocca, coklat, sampai pandan. Sobat tinggal pilih aja ni rasa yang sobat sukai.

6. Lemang

Lemang medan
Sumber: www.medanbisnisdaily.com

Makanan yang satu ini juga menjadi salah satu makanan favorit anak Medan. Dengan perpaduan antara beras ketan ditambah lagi dengan santan, menjadikan lemang akan terasa sangat gurih dan memanjakan lidah setiap penikmatnya. 

Lemang dimasak dengan cara yang unik, yaitu menggunakan bambu yang sudah dilapisi daun pisang, lalu dibakar di atas bara api sampai matang.

7. Teri Medan

Teri medan
Sumber: www.viva.co.id

Makanan khas Medan berikutnya yaitu teri medan. Memang sih teri medan ini berukuran kecil. Tapi jangan sepele dulu, sob. Teri ini sangat banyak penggemarnya loo, sob.

Soal rasa, jangan ditanyak lagi, sob. Sudah pasti tak akan mengecewakan, sob. Kalau sobat tidak percaya, datang aja ke Medan sambil membawa pulang makanan yang satu ini.

8. Manisan Jambu

Manisan jambu medan
Sumber: www.tourtoba.com

Sobat udah pernah merasai belum manisan jambu? Kalau belum, boleh lah sob main-main ke Kota Medan atau kalau ada teman sobat yg dari Medan, bisa minta bawain manisan yang satu ini, sob. Rasa yang manis, segar dan tekstur yang renyah, sangat cocok ni dicipipi pada siang hari.

Manisan jambu ini, juga sangat cocok sob dibawak oleh-oleh buat keluarga di rumah. Selain renyah nan enak, jambu memiliki khasiat yang baik untuk tubuh manusia. Jadi, jangan tunggu lama ya, sob. 

9. Kacang Sihobuk

Kacang sihobuk
Sumber: www.travelingyuk.com

Makanan khas Medan yang terakhir yaitu kacang sihobuk. Makanan yang satu ini merupakan kacang pilihan dengan kualitas terbaik. Yang namanya kualitas terbaik pastinya sangat ketat proses pemilihannya, sob. Apalagi kalau menikmati saat-saat kumpul bareng keluarga. 

Gimana, sobat?

Masih penasaran sobat untuk mencoba makanan-makanan khas Medan di atas? Kalau penasaran, boleh dong sob main-main ke kota Medan sambil menikmati makanan-makanan khas Medan.

Tidak juga dengan makanan khasnya, Medan juga terkenal dengan budaya wisatanya. Nanti kalau ada kesempatan, insyaAllah ane ceritakan ya ke sobat mengenai tempat wisata yang ada di Medan. Dijamin pasti membuat sobat ingin berkunjung ke daerah ujung barat kedua Sumatera ini. Heehehe.

Demikianlah ulasan mengenai 9 Makanan khas Medan yang Patut dicoba Saat Berkunjung ke Kota Medan versi CaraMenerapkan. Mudah-mudahan bermanfaat ya, sob.

Monday, November 5, 2018

Pengalaman Pertama Memperpanjang STNK yang Mengasyikkan dan Tidak Ribet

Pengalaman Pertama Memperpanjang STNK yang Mengasyikkan dan Tidak Ribet - Halo sobat sekalian. Apa kabarnya ni ya?. Mudah-mudahan sehat dan tetap semangat selalu ya. Ini ane mau berbagi cerita sedikit mengenai pengalaman pertama memperpanjang STNK.

Pengalaman Pertama Memperpanjang STNK yang Mengasyikkan dan Tidak Ribet
Memperpanjang STNK

Umur sudah beranjak dewasa, mau tak mau harus ane sendiri yang harus memperpanjangnya dan tidak mengharapkan orang tua untuk mengurusi urusan STNKnya hehehe. Tidak terasa pula umur motor ane pun sudah genap 5 tahun, sob. Ini berarti ane harus memperpanjang STNKnya atau biasa orang kita menyebutnya ganti plat motor.

Sebagai warga negara yang baik, tentu kita akan mengikuti aturan-aturan negara. Salah satunya yaitu memperpanjang STNK yang sudah mau habis masa waktunya.

Mungkin sobat sekalian sudah punya pengalaman memperpanjang STNK motor, tapi tidaklah mengapa. Anggap saja ane ini sedang berbagi ke sobat sekalian semua ya. Yuk cekidot!

Jadi begini ceritanya, sob. Tepat di hari jum'at tanggal 2 november 2018, ane mengambil keputusan untuk memperpanjang STNK ane, sob. Ane mengurusnya dengan mendatangi kantor Samsat di Jl. Putri Hijau Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara.

Setiba ane sampai di sana, karena baru pertama kali, ane langsung ambil inisiatif menanyakkan ke pak polisi yang sedang bertugas di sana. Lalu pak polisi mengarahkan ane untuk ke loket cek fisik motor. Setiba di sana, ane langsung diminta untuk menyerahkan persyaratannya.

Adapun persyaratannya yaitu:
1. KTP asli
2. Buku hitam atau BPKB
3. STNK asli

Petugas loketpun menjalankan tugasnya dengan mengecek semua persyaratan berkas ane. Alhamdulillah semua persyaratan pun terpenuhi. Setelah itu, ane langsung menjumpai petugas cek fisik motor di lapangan.

Pastikan pula kalau kita ingin memperpanjang STNK, motornya di bawa ke area parkiran kantor samsat agar mempermudah petugas mengecek motor kita. Setelah pengecekan selesai, ane mendatangi kembali petugas loket untuk cek hasil fisik motor dan kita diminta untuk memfotokopi KTP, BPKB, dan STNK.

Lalu ane mendatangi ruangan atau loket tempat formulir ganti STNK, dan di situ pula ane diberikan formulir untuk diisi. (Alhamdulillah urusannya hanya tinggal beberapa tahap lagi, sob hehehe.)

Lalu ane beranjak ke loket tempat pergantian STNK. Di situ ada petugas loketnya yang notabenenya ibu-ibu Polwan dan langsung ane serahkan berkas-berkas yang tadi. Lalu ane diminta untuk menunggu panggilan. Dan tak lama kemudian, terdengarlah panggilan nama ane untuk melakukan pembayaran keseluruhan.

Setelah melakukan pembayaran, ane diminta untuk menunggu kembali. Sambil menunggu, ane bercakap-cakap dengan orang-orang di sekitar situ yang juga sama-sama menunggu panggilan. Tak lama kemudian, terdengarlah nama ane dipanggil untuk menuju loket.

Loket terakhir ini pula menandakan pula bahwa urusan-urusan kita selesai dan ane diberikan STNK serta plat motornya. Gimana sobat sekalian?. Tidak ribet kan?. Intinya bawa asyik aja, sob. Dalam pengurusannya, memakan waktu kurang lebih 1 setengah jam, sob. Semua itu tidak terlepas dari antri yang sangat ramai.

Untuk biaya keseluruhannya itu, ane dikenakan Rp 373.500 dan itu sudah sekalian biaya untuk perpanjang pajak yang harus kita perpanjang setiap tahunnya. Pastinya tiap jenis kendaraan berbeda pula biayanya, sob. Adapun merk motor ane yaitu honda beat keluaran tahun 2013, sob.

Ane juga menyarankan ke sobat sekalian agar kita sendiri yang memperpanjang STNK kita agar kita lebih faham prosedur tahapan pengurusan perpanjangan STNK untuk 5 tahun ke depan, sehingga di lain waktu, kita sudah mengerti apa-apa saja tahapan yang harus dilakukan.

Mungkin itu saja dulu cerita ane mengenai pengalaman pertama memperpanjang STNK yang mengasyikkan dan tidak ribet. Mudah-mudahan ada hikmah dan manfaatnya ya, sob.

Sunday, October 14, 2018

9 Makanan Paling Enak di Indonesia

9 Makanan Paling Enak di Indonesia - Assalamu'alaykum sobat sekalian. Apa cerita kita ni, sob?. Masih pada semangat kan?.

Kali ini kita akan membahas mengenai 9 makanan yang paling enak di Indonesia loo, yaitu di negeri elok yang sangat ku cinta. Ya, Indonesia memang sangat kaya sekali akan sumber daya alamnya, sob.

Indonesia merupakan salah satu negara yang beraneka ragam. Mulai dari budaya, wisata, makanan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sebagai orang Indonesia, sudah sepantasnya kita bangga dengan negara kita tercinta ini.

Salah satu dari aneka ragam yang ada di Indonesia yaitu makanannya atau bahasa kerennya yaitu kuliner. Siapa sih yang tidak bangga dengan ciri khas makanan orang Indonesia. Makanannya pun sangat beraneka ragam. Mulai dari pecal, gado-gado, bakso, nasi goreng, dan masih banyak lagi yang tidak dapat disebut satu persatu namanya.

9 makanan paling enak di Indonesia


Hoo iya, siapa ni sobat sekalian yang sangat doyan makan?.

Bagi sobat-sobat yang cinta akan makanan khas Indonesia, ini ane rekomendasikan 9 makanan paling enak di Indonesia menurut versi CaraMenerapkan:


1. Rendang

Hayoo, siapa ni sobat sekalian yang urang awak atau urang minang?.

Rendang merupakan masakan khas minang yang sangat digemari kebanyakan orang Indonesia. Bukan hanya orang Indonesia loo sob, tapi juga dunia. Wah, kurang keren apalagi coba Indonesia kita ini yakan, sob?.

Di Indonesia, rendang sangat sering sekali kita jumpai di warung nasi padang. Bukan hanya di warung nasi, di tempat pesta-pesta orang juga sering kok sob.

Dengan perpaduan antara kelezatan daging sapi dikolaborasikan atau dicampurkan dengan bumbu rendang, makanan yang satu ini (rendang) sukses menjadi salah satu makanan paling enak di Indonesia maupun dunia.

2. Nasi Goreng

Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini. Mulai dari kalangan anak-anak, remaja, orang tua pun juga gemar dengan makanan yang satu ini. 

Ya, nasi goreng. Kebanyakan orang Indonesia makan nasi goreng itu di waktu sarapan pagi dan makan malam. Nasi goreng juga banyak dijual di penjuru bumi nusantara. Jadi, sobat tidak perlu khawatir ya.

Nasi goreng adalah makanan berupa nasi yang digoreng dalam minyak goreng. Untuk menambah kelezatannya, nasi goreng biasa ditambah kecap, bawang merah, selada, kerupuk, dan bumbu-bumbu yang lainnya.


3. Bakso

Ada ni pasti sobat sekalian yang gemar makan bakso yakan?. Makanan yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia. Makanan yang satu ini juga sangat sering dijumpai disetiap tempat. Biasanya banyak orang berjualan bakso di pinggiran jalan, hanya penyajiannya saja yang berbeda.

Bakso merupakan makanan yang berbentuk bulat yang terbuat dari daging sapi yang sudah dihaluskan. Lalu dicampuri dengan tepung dan bumbu. Sama halnya dengan nasi goreng, bakso juga akan disajikan dengan tambahan sajian seperti kuah, mie putih atau kuning, sayur-sayuran, kerupuk, dan bawang goreng.

Bakso juga sangat beraneka macam namanya. Ada bakso gerhanat, bakso jumbo, dan masih banyak lagi. Nama-nama itu hanya sebagai penarik minat orang saja kok, sob.

Misalnya bakso gerhanat. Bahan pembuatan bakso gerhanat juga sama dengan bahan-bahan bakso yang lainnya. Hanya saja yang menjadi pembeda yaitu ukurannya. Mendengarnya saja udah gerhanat. Pastinya bakso ini memiliki ukuran yang lebih besar yakan, sob.

4. Sate atau Satai

Nah, makanan paling enak urutan berikutnya yaitu sate. Makanan ini merupakan makanan yang terbuat dari potongan daging kecil-kecil yang ditusuk sedemikian rupa dengan lidi, lalu kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu.

Sate juga disajikan dengan berbagai macam bumbu yang biasanya dicampuri sedikit bawang goreng. Di Indonesia, sate tidak hanya satu rasa saja. Ada sate padang, sate kacang, sate madura, dan lain sebagainya. Keberagaman inilah yang membuat sate sangat digemari banyak kalangan orang.

5. Soto

Makanan paling enak berikutnya yaitu soto. Makanan khas Indonesia satu ini merupakan makanan seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran, dan kemudian dicampuri dengan kuah yang kemudian akan memberi rasa nikmat di lidah.

Soto juga banyak macam jenisnya. Mulai dari soto Madura, soto Medan, soto Betawi, dan juga soto-soto di setiap penjuru Indonesia yang menyajikan khas tersendiri sesuai daerah masing-masing. 

6. Gudeg

Siapa ni sobat sekalian yang orang Jogja?. Selain kotanya yang ramah. Jogja juga mempunyai ciri khas makanan yang merupakan salah satu paling enak di Indonesia loo. Apalagi kalau bukan Gudeg.

Gudeg merupakan makanan khas Jogjakarta dan Jawa Tengah yang bahan makanannya terbuat dari buah nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu memiliki jiwa yang sabar untuk membuat makanan yang satu ini.

Waktu yang berjam-jam sangat diperlukan untuk membuat makanan ini. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santal kental (areh), telur, tahu, ayam kampung, serta sambal goreng krecek.

7. Pempek

Kali ini kita menuju bumi Sumatera, tepatnya di Sumatera Selatan yang ibu kotanya yaitu Palembang.

Pempek merupakan makanan khas Palembang. Makanan yang satu ini terbuat dari ikan dan sagu. Penyajian pempek sendiri pun ditemani saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut dengan cuka atau cuko (bahasa Palembang).

Ada berbagai macam jenis pempek, mulai dari pempek kapal selam, pempek telur kecil, pempek lenjer, dan lain sebagainya. Jenis pempek yang sangat terkenal yaitu pempek kapal selam, yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas.

8. Opor Ayam

Makanan paling enak berikutnya yaitu opor ayam. Makanan ini merupakan makanan yang sangat sering kita jumpai di saat lebaran tiba, sob. Opor ayam adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar ayam lalu diolah dengan kuah santan.

Di berbagai daerah nusantara, menu opor kurang lebih menggunakan bumbu dan cara pengolahan yang sama. Jadi, sobat udah pernah belum mencicipi makanan yang satu ini?.

9. Rawon

Dan yang terakhir adalah rawon. Rawon adalah makanan yang berupa sup daging berkuah hitam sebagai campuran bumbuh khas yang mengandung kluwek. Biasanya rawon disajikan bersamaan dengan nasi, dilengkapi dengan tauge kecil, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng (empal) dan sambal.

Jadi, tunggu apalagi, sob?.

Nah, dari 9 makanan paling enak di Indonesia yang sudah kita paparkan di atas, kira-kira mana ni makanan yang belum pernah sobat rasakan ataupun makanan yang sering sobat makan?.

Sebagai orang Indonesia, kita sangat bangga dengan makanan-makanan khas Indonesia, sob. Makanan khas bumi nusantara tidak kalah saing loo sob dengan makanan-makanan yang ada di luar negeri sana. Mari terus kita budayakan menyantap menu makanan nusantara. Kalau bukan kita, siapa lagi kan, sob?.

Dan terakhir, ane mau kasih info sama sobat sekalian. Dari 9 makanan paling enak di atas, ane sangat menggemari rendang, sob. Sobat gemar yang mana ni?. Ditunggu komentarnya ya hehehe.

Mungkin itu saja yang bisa ane paparkan kali ini. Mudah-mudahan menambah semangat kita untuk lebih mencintai budaya lokal ya, sob. Demikian ulasan mengenai 9 makanan paling enak di Indonesia. Mudah-mudahan bermanfaat ya, sob :)

Wednesday, September 26, 2018

Awas! Ini Beberapa Alasan yang Membuat Orang Berhenti Ngeblog

Awas! Ini beberapa alasan yang membuat orang berhenti ngeblog - Halo sobat sekalian. Apa cerita ni? Masih pada semangat kan?. Pastinya harus semangatlah yakan, sob?.

Awas! Ini beberapa alasan yang membuat orang berhenti ngeblog

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas seputar alasan yang membuat orang berhenti ngeblog. Semoga membaca postingan ini, menambah semangat kita untuk terus berkarya dalam dunia blog ya, sob.

Oke baik, sembari membaca postingan ini, ada baiknya kita membaca basmalah dulu sob biar berkah yakan. Sekalian juga sediakan minum air putih yang cukup sob, biar fokus hehe.

Memiliki hobi ngeblog merupakan suatu kegiatan yang sudah tidak asing lagi pada zaman sekarang ini. Bayangkan saja, banyak diantara kita yang rela berjam-jam duduk di depan layar monitor hanya untuk sekedar menulis di blog.

Ada banyak alasan yang membuat orang jadi hobi ngeblog, salah satunya ingin mendapatkan penghasilan dari blog.

Tidak hanya menghasilkan uang, ada juga beberapa alasan yang bisa memotivasi orang untuk terjun ke dunia blog.

Mulai dari yang ingin menyalurkan hobi menulisnya, ingin menjadi terkenal, ingin menjadi seorang penulis yang berkelas, meningkatkan kreativitas, sampai ada yang cuma ikut-ikutan biar tidak dibilang ketinggalan zaman hehe.

Memang sih alasan-alasan di atas sangat memberi motivasi kepada setiap orang. Sehingga banyak orang yang berbondong-bondong untuk ngeblog.

Perlu kita garis bawahi yang bagian untuk menghasilkan uang. Sebenarnya alasan tersebut tidaklah menjadi masalah. Hanya saja, banyak di antara dari kita yang tidak mau berusaha keras dan hanya mengharapkan sesuatu yang instan saja. Itu berat, sob.

Tentu yang namanya keberhasilan tidak bisa langsung instan. Semua itu harus ada tahapan-tahapan yang dilalui dan yang pasti tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Dari sinilah mental seorang blogger itu diuji.

Semangat berjuang


Tidak sedikit orang menyerah dan berhenti dari dunia blog. Kalau sudah berhenti, blog mereka pun menjadi terbangkalai dan tidak terurus lagi. Mungkin saja mereka jenuh karena tidak menghasilkan apa-apa.

Sebenarnya banyak orang yang belum mengetahui apa marwah sebuah blog itu. Ceileeeh, bukan marwah seorang wanita ya, sob. Wkwk.

Berikut ini akan kita paparkan beberapa alasan kuat yang membuat orang berhenti ngeblog:

1. Bosan

Sobat blogger yang merasa cepat bosan, mereka akan kehilangan semangat untuk ngeblog. Ini yang sangat sering dialami para blogger pemula. Kalau sudah begini, kita harus kembali ke jalan yang lurus sob alias niat kita masing-masing.

Bosan ngeblog

Maka dari itu, sebelum memulai berkecimpung dalam dunia blog, kita harus memperkokoh niat kita. Jadikan ngeblog sebagai salah satu daftar agenda kita sehari-hari.

Lebih bagus lagi, sering mengunjungi blog-blog terkenal agar kita semakin menambah wawasan dan semakin termotivasi untuk terus ngeblog.

2. Topik yang ditulis cuma ikut-ikutan

Sobat blogger yang baru masuk ke dunia blogger, alangkah baiknya kita menulis tema sesuai dengan kemampuan kita. Ini guna memberi motivasi kepada kita untuk terus berkarya dan belajar.

Fokus ke topik yang ditulis


Jangan sampai kita hanya menulis topik yang hanya cuma ikut-ikutan. Sah sah saja sih, asal kita memahami isi dari topik yang kita tulis itu. Lebih baiknya lagi kita selalu mengedepankan kualitas tulisan agar kita juga semangat untuk terus menulis.

3. Ingin dapat uang secara instan

Seperti yang sudah kita bahas pada paragraf di atas, ingin mendapatkan sesuatu itu tidak bisa instan. Dibutuhkan perjuangan yang kokoh. Memang sih, siapa coba orang yang tak ingin mendapatkan uang?. Ane juga mau, sob. Hehehe.

Ingin dapat uang secara instan


Pemikiran seperti inilah yang membuat rusak mental seorang blogger. Intinya mencari uang lewat ngeblog sah-sah saja asalkan dilakukan dengan gigih dan semangat.

4. Lupa bersosialisasi

Banyak sebagian blogger yang suka menyendiri. Sangking keasyikannya ngeblog, dia sampai lupa untuk bersosialisasi.

Sosialisasi

Menjalin keakraban antar sesama blogger maupun yang bukan blogger di dunia nyata itu penting, terlebih lagi biar tidak bosan sendiri mulu. Kita bisa menambah pengalaman, saling sharing, banyak relasi, bukan tak mungkin bisa mendatangkan rezeki. InsyaaAllaah.

5. Kehilangan semangat

Wah, kalau poin 1 sampai 4 di atas sudah menyelimuti jiwa sobat blogger, tinggal tunggu mainnya aja ni hehe.

Ayo semangat

Kehilangan semangat tak jarang dialami seorang blogger. Ke 4 hal di atas itu bisa mempengaruhi semangat seorang blogger. Jika sudah begini, tak ada alasan lain bagi mereka selain meninggalkan dunia blog. Sangat disayangkan sekali ya, sob.

Perlu kita ketahui, bahwa banyak blogger yang jatuh bangun sebelum mencapai kesuksesan blognya. Ini pelajaran yang sangat berharga bagi kita yang masih baru memulai dalam dunia blog. Semoga dengan membaca postingan ini, menambah daya juang kita untuk terus aktif ngeblog ya, sob.

Mungkin sekian dulu ulasan mengenai Awas! Ini beberapa alasan yang membuat orang berhenti ngeblogSemoga bermanfaat ya, sobat sekalian :)

Saturday, September 1, 2018

8 Cara Jitu Membuat Artikel Blog yang Pasti Dibaca

8 Cara Jitu Membuat Artikel Blog yang Pasti Dibaca - Hallo sobat sekalian. Apa kabarnya ni?. Sudah lama ane tak menulis ya. Kali ini ane akan berbagi ilmu sedikit kepada sobat sekalian. Sayang banget kalau dilewatkan ilmu yang sedikit ini yakan, sob?. Hehehe.

Untuk sobat yang sudah terjun ke dunia blog, pasti paham benar kalau blog itu sangat identik sekali dengan tulis menulis. Seorang blogger memang dituntut untuk memiliki skill dalam menulis artikel agar memberi kenikmatan bagi setiap pembacanya. 

Bagi sobat yang baru terjun di dunia blog dan sama sekali tidak pernah menulis, tentu ini menjadi suatu hal yang asing. Tapi jangan dulu berkecil hati, tentu itu semua bisa diatasi dengan kebiasaan-kebiasaan yang terus dilatih. Yang paling penting adalah rajin berlatih. 

Cara menulis artikel blog


Kali ini ane akan sharing mengenai 8 cara jitu membuat artikel blog yang pasti dibaca menurut versi ane, sob:

1. Perhatikan judulnya

Tidak bisa dipungkiri, bahwa semua orang pembaca baik itu blog, novel, majalah, maupun sebagainya, pasti selalu memperhatikan judul bacaannya. 

Bahkan sebagian orang, saat melihat judul yang kurang enak menurutnya, sering tidak mau melanjutkan membaca isinya. Inilah yang menurut ane sangat harus diperhatikan dalam menulis sebuah artikel. 

Pastikan judul yang sobat tulis itu memberi kesan penasaran kepada pembaca agar mereka ingin tau kelanjutan dari isi judul itu.

2. Memahami topik yang ditulis

Penting sekali bagi para penulis blog untuk memahami topik yang ditulisnya. Tidak pahamnya seorang blogger dengan tulisannya akan memberi dampak negatif terhadap blognya.

Mungkin ini salah satu penyebab blog sobat jarang dibaca karena penulisnya tidak paham topik apa yang diposting sehingga pembaca merasa kurang tertarik untuk membacanya.

3. Jangan terlalu banyak basa-basi

Ada kalanya seorang penulis itu menggunakan kata basa-basi untuk membuat para pembaca terhanyut dalam suasana yang santai. Namun, penting untuk diketahui bahwa terlalu banyak basa-basi juga tidak bagus loo, sob.

Pengguna internet itu banyak kesibukannya. Mereka akan sangat mudah meninggalkan blog sobat karena terlalu banyak kata basa-basi yang tidak penting itu. Jadi, pastikan sobat untuk membuat suasana tidak lebay dan pastinya santai dan tetap berkualitas.

4. Gunakan gaya bahasa yang mudah dipahami

Tidak semuanya para pembaca blog kita memiliki tingkat kecerdasan yang sama, sob. Menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami akan semakin memberi nilai plus untuk tulisan kita. 

Yang paling penting adalah gunakan bahasa yang sopan dan santun.

5. Libatkan pembaca

Kadang kala pembaca blog itu mudah bosan, sob. Pastikan tulisan blog kita tidak kaku alias monoton. Melibatkan para pembaca akan semakin membuat suasana pembaca merasa nyaman. 

Kita bisa menggunakan kata “sobat”, “agan”, “teman-teman”. Seperti yang ane buat diblog ini hehe.

6. Perhatikan jumlah baris paragraf

Keliatannya sepele ya, sob. Namun, hal ini memberi dampak besar loo, sob. Usahakan paragraf yang sobat tulis tidak lebih dari 4 atau 3 baris. Ini juga akan mengurangi tingkat kejenuhan pembaca.

7. Masukkan gambar pendukung

Memasukkan gambar pendukung dalam artikel yang kita tulis tentu akan menjadi lebih menarik dan pastinya blog kita tidak hanya monoton tulisan teks aja.

8. Edit sebelum dipublikasi

Sebelum dipublikasi, alangkah baiknya membaca kembali artikel yang sudah kita tulis. Perbaiki kata-kata yang tidak penting, salah ketik, dan lain sebagainya.  Dengan begitu, blog kita akan semakin bagus.

Kesimpulan

Dari beberapa paparan di atas, dapat kita simpulkan bahwa menulis itu memang suatu keharusan bagi seorang blogger. Tidak hanya menulis, namun kenikmatan para pembaca juga penting untuk diperhatikan oleh seorang penulis.

Menulis artikel sebenarnya tidak sulit. Asal kita mau belajar, praktek, dan rajin, tentu semua itu akan membuat kita menjadi terbiasa menulis artikel. Dengan begitu, lambat laun tulisan kita menjadi baik dan bagus.

Tentu untuk ane pribadi juga sedang berjuang menjadi seorang penulis artikel yang baik. Mari kita sama-sama belajar ya, sob. Bila ada saran komentar, boleh sobat tulis di form komentar ya.

Mungkin itu saja yang bisa ane bagikan pada postingan kali ini mengenai 8 cara jitu membuat artikel yang pasti dibaca. Mudah-mudahan bermanfaat ya, sob.