Cara Simple Menerapkan Hidup Hemat

Cara Simple Menerapkan Hidup Hemat  - Ada pepatah mengatakan "Hemat Pangkal Kaya". Ya, semua orang tau kalau hidup hemat itu harus dibiasakan sejak dini.

Berbicara soal hidup hemat, sebenarnya hidup hemat tidak menyangkut tentang masalah uang atau menabung sebanyak mungkin. Melainkan, hidup berhemat itu adalah sebuah konsep pemikiran sedangkan menabung itu cuma sebagian kecil dari cara hidup hemat.

Namun konsep itu harus di biasakan dan menjadi pola kebutuhan hidup. Dengan pola seperti ini, kita tidak lebih sehat dalam mengatur keuangan saja tapi juga lebih sehat dalam jasmani dan berpikiran positif.

Jika kita ingin mengelolah keuangan kita lebih tertata, maka kita perlu menerapkan pola hidup yang hemat. Pola hidup hemat memang perlu kita terapkan sedini mungkin, dapat pula kita ajarkan kepada anak-anak walaupun usia mereka masih sangat mudah.

Contohnya saja kita bisa mengajarkan kepada anak-anak untuk rajin menabung, walaupun sedikit yang penting setiap hari. Hal kecil ini dapat memberi perubahan besar hingga kelak mereka dewasa. Sehingga pemikiran merekapun jauh ke depan.



Pola hidup hemat tidak mengenal usia. Semua kalangan bebas untuk menerapkannya. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk hidup berhemat :

1. Harus bisa bedakan mana kebutuhan dan keinginan

Kita harus membedakan mana yang harus jadi kebutuhan mana juga yang hanya keinginan. Contohnya saja, bila kita sudah berumah tangga. Kita harus membuat list bulanan, biaya-biaya apa saja yang harus kita keluarkan untuk kebutuhan kita.

Bahkan bukan soal biaya saja, namun yang lainnya juga. Jangan sampai kita lebih menomorsatukan keinginan dulu baru kebutuhan, tapi kita harus lebih mementingkan dahulu apa yang harus menjadi kebutuhan kita.

2. Perhatikan pengeluaran dengan pemasukan

Kita juga harus memperhatikan pengeluaran dan pemasukan. Jangan sampai pengeluaran dan pemasukan jadi balance atau seimbang. Kalau bisa pengeluaran lebih kecil dari pada pemasukan. Karena kita juga harus bisa menyisihkan uang kita untuk di tabung. Intinya jangan jadi royal atau boros.


3. Belanja secara bijak

Mungkin ada sebagian kita yang hobby-nya belanja. Maka kita harus mulai memprioritaskan apa saja yang ingin kita beli. Seringkali kita pergi ke mall atau tempat perbelanjaan, kita tanpa sadar membeli barang-barang yang rencana awalnya tidak ingin kita beli. Ya, mungkin barang-barang itu unik dan menjadi daya tarik mata untuk membeli. Hal ini harus dihindari jika kita ingin menerepkan pola hidup hemat.

Usahakan kalau kita hendak pergi berbelanja, pastikan anda mendata dahulu apa-apa saja yang ingin di beli. Pastikan juga untuk tidak melebihi budget belanjaan kita. Intinya kita harus lebih bijak dalam membelanjakan uang.

4. Boleh menuruti keinginan tapi jangan sampai kelewatan batas

Yang terpenting jangan sampai royal atau menghambur-hamburkan uang.

5. Tidak terpengaruh pergaulan sosial yang bermegah-megahan

Kita harus bijak. Tetaplah berpendirian untuk terus hidup berhemat. Jangan terlena dengan pergaulan yang hidupnya bermegah-megahan.

6. Disiplin menabung

Tetap rajin untuk menabung. Setiap hari harus dilaksanakan walau sedikit.


Tapi walaupun kita hidup hemat, jangan sampai hidup hemat membuat kita jadi orang kikir. Menerapkan pola hidup hemat bukan berarti kita menolak untuk bersedekah. Karena sedekah itu baik dan dianjurkan setiap agama. Dengan sedekah kita tidak juga menjadi miskin kok. Justru sebaliknya, dengan bersedekah akan semakin memperkaya diri kita. Kita bisa kaya hati, psikologis, maupun finansial. Intinya jangan pelit juga ya.

Demikianlah ulasan Cara Simple Menerapkan Hidup Hemat. Semoga menambah wawasan kita ya.
Oldest

1 komentar:

Click here for komentar
April 13, 2016 at 2:05 PM ×

Terima ksh gan

Congrats bro Maslina Nasution you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Text Widget

Pages