Thursday, October 1, 2020

Gaji di Bawah 2 Juta? Begini Cara Mengatur Keuangan Setiap Bulannya Dengan Baik

Gaji di Bawah 2 Juta? Begini Cara Mengatur Keuangan Setiap Bulannya - Gajian sudah tiba. Banyak diantara kita yang sangat menunggu momen gajian tak terkecuali ane, Sob. Hehhee...


Bagi sebagian orang, masih banyak yang sulit dalam mengatur keuangan setiap bulannya. Uang yang datang pun seakan habis begitu saja tanpa nampak tujuannya ke mana.

Tidak semua orang berganji tinggi, namun itu bukanlah sebuah masalah. Gaji di bawah 2 juta tentu bukan perkara sedikit ataupun banyaknya, namun juga tentang cara mengatur keuangannya agar setiap bulannya tetap stabil kondisi keuangan kita.

Berikut ini ada beberapa tips yang sobat bisa lakukan dalam mengatur keuangan setiap bulan dengan gaji di bawah 2 juta:


1. Prioritaskan hal yang wajib

Hal yang pertama kali yang sobat bisa lakukan adalah prioritaskan mana hal yang wajib. Maksudnya di sini adalah tentang kebutuhan apa saja yang dibutuhkan setiap bulannya. 

Gaji di Bawah 2 Juta? Begini Cara Mengatur Keuangan Setiap Bulannya Dengan Baik_1


Misalnya sebagai contoh, sobat punya hutang. Maka hal yang diprioritaskan pertama kali yaitu membayar hutang. Tentu jangan sampai kita hidup dikejar-kejar hutang sehingga membuat hidup kita merasa tidak nyaman. 

Ada lagi contoh yang bisa kita jadikan prioritas utama yaitu mencukupi kebutuhan sehari-hari, misalnya makan, bayar kos/kontrakan, bayar listrik/air, dan kebutuhan utama lainnya. So, jangan lupakan prioritas utama sobat dalam megatur keuangan ya.


2. Hindari hutang 

Mungkin poin kedua ini masih ada sangkut pautnya dengan yg poin sebelumnya. Sebenarnya cara mudah untuk menghindari hutang adalah dengan mencukupkan kebutuhan dan tidak meninggikan gaya hidup.

Gaji di Bawah 2 Juta? Begini Cara Mengatur Keuangan Setiap Bulannya Dengan Baik_2


Banyak orang yang masih anggap hal sepele terkait dengan hutang, padahal dampaknya sangat besar sekali. Maka dari itu mari sama-sama kita hindari berhutang kecuali memang benar-benar dalam keaadan darurat, Sob.

3. Gaji cukup untuk kebutuhan tapi tidak dengan gaya hidup

Kebutuhan hidup dan gaya hidup itu adalah 2 hal yang berbeda. Banyak diantara kita yang belum bisa membedakan kedua hal tersebut, sehingga tak jarang saat sudah memasuki pertengahan bulan sudah gelisah dengan keuangan yang ada, akibatnya menjadi tidak sabar menunggu akhir bulan untuk gajian kembali.

Gaji di Bawah 2 Juta? Begini Cara Mengatur Keuangan Setiap Bulannya Dengan Baik_3


Sebenarnya sobat bisa lebih teliti dalam membedakan kedua hal tersebut. Untuk kebutuhan kita bisa jadikan prioritas ketimbang gaya hidup. 

Sebenarnya sih tidak masalah bagi kita untuk mengikuti gaya hidup kekinian, tapi perlu diingat bahwa yang pertama kali harus sobat lakukan adalah kebutuhan hidup sobat harus terpenuhi dahulu, kalau sudah terpenuhi, tidaklah menjadi masalah bagi sobat untuk menerapkan gaya hidup kekinian.  
 

4. Berhemat

Gaji di Bawah 2 Juta? Begini Cara Mengatur Keuangan Setiap Bulannya Dengan Baik_4

Berhemat bukan berarti pelit. Ini yang banyak sebagian orang yang salah persepsi dengan kata hemat. Bisa sobat bayangkan sobat menerapkan pola hemat dengan gaji di bawah 2 juta, tentu banyak hal yang positif bisa didapatkan. Selain keuangan sobat stabil, sobat juga bisa menabung setiap bulannya.


5. Sedekah

Apapun agama kita, tetap jangan lupakan yang namanya sedekah, Sob. Di harta kita, ada harta orang lain yang harus kita keluarkan. Maka dari itu jangan lupa untuk mensedekahkan sebagian harta kita, Sob.

Gaji di Bawah 2 Juta? Begini Cara Mengatur Keuangan Setiap Bulannya Dengan Baik_5



Selain beramal, sedekah memberikan efek positif bagi batin tubuh kita sehingga kita menjadi sehat dalam kejiwaan dan juga sehat dalam keuangan. Semangat, Sobat!

Mungkin tips di atas bisa menjadi motivasi ataupun semangat untuk sobat sekalian dalam mengatur keuangan setiap bulannya dengan gaji di bawah 2 juta. Kalau sobat ada tambahan, boleh ketik di kolom komentar ya.

Demikian artikel berjudul Gaji di Bawah 2 Juta? Begini Cara Mengatur Keuangan Setiap Bulannya Dengan Baik. Semoga bermanfaat untuk kita semua ya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon