Saturday, April 11, 2020

Hikmah di Balik Peristiwa Wabah Covid-19 yang Mengguncang Dunia

Hikmah di Balik Peristiwa Wabah Covid-19 yang Mengguncang Dunia - Covid-19 sudah ditetapkan sebagai pandemi global. Masyarakat dunia diharapkan untuk tidak berkerumunan di tengah wabah yang saat ini sedang mengguncang dunia.

Sumber Foto: Pixabay

Masyarakat dunia sangat dihebohkan dengan wabah yang satu ini. Wabah ini pun begitu cepat penyebarannya sehingga membuat masyarakat dunia khawatir akan dampaknya.

Para pimpinan negara pun mengambil langkah cepat kebijakan-kebijakan yang akan dilakukan di negaranya guna untuk mengatasinya wabah Covid-19 ini. Semua itu dilakukan demi keselamatan rakyat di negaranya masing-masing.

Di Indonesia, para tenaga medis pun dikerahkan semaksimal mungkin, mulai dari pemerintah pusat hingga ke pemerintah daerah. Semuanya pun saling bersinergi demi menyelamatkan masyarakat yang terkena wabah Covid-19 ini maupun mencegah penyebarannya.

Wabah Covid-19 benar-benar mengajarkan kita banyak pelajaran yang bisa kita ambil sebagai hikmah. Terlepas apakah wabah ini adalah buatan manusia demi memenangkan sebuah perang atau memang murni dari Allah Tuhan seluruh alam, itu hanyalah Allah yang tau.

Satu hal yang pasti bahwa wabah ini memberikan pelajaran hikmah kepada kita semua yang mudah-mudahan bisa kita ambil pelajarannya untuk kehidupan kita sehari-hari.

Berikut ini ada beberapa hikmah yang sudah dirangkum oleh CaraMenerapkan yang mudah-mudahan memberi manfaat kepada para pembaca sekalian:

1. Lebih sering di rumah

Saat pemerintah pusat menghimbau agar masyarakat untuk belajar, bekerja, dan beribadah di rumah, tentu membuat masyarakat lebih sering berada di rumah atau bahasa kerennya Stay at Home.

Kita tau bahwa selama ini banyak masyarakat kita yang mungkin sedikit beraktivitas di rumah dan lebih sering berada di luar rumah. Saat inilah kesempatan untuk beraktivitas banyak di rumah.

Sumber Foto: Pixabay

Beraktivitas di rumah tentu membawa kedamaian bagi penghuni rumah itu sendiri. Suasana rumah menjadi ramai dengan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan. Mulai dari WFH (Work From Home), mendidik anak secara langsung, dan keceriaan-keceriaan yang lainnya.

Kaum rebahan pun seakan merdeka. Aktivitas rebahan yang banyak diminati para millenial ini benar-benar ada manfaat di tengah wabah yang melanda ini.

Perlu diingat bahwa aktivitas di rumah tidak hanya harus dilakukan dengan cara rebahan, ada juga aktivitas yang lainnya yang bisa menjadi pilihan alternatif, contohnya seperti membaca dan menulis, serta aktivitas lainnya yang bisa mengasah potensi kita.

Tentu kebijakan yang dibuat pemerintah ini semata untuk kebaikan rakyatnya dan demi memutus mata rantai wabah Covid-19.

2. Menjaga kebersihan diri dan sekitar

Tidak bisa dipungkiri bahwa wabah Covid-19 ini sangat cepat penyebarannya. Dihimbau agar masyarakat untuk menjaga kebersihan diri. Wabah yang satu ini lebih sering menempel di suatu tempat sehingga menuntut kita agar lebih menjaga kebersihan diri dan sekitar.

Sumber Foto: Pixabay

Bisa kita ambil contoh dari tangan-tangan manusia. Gerakan lebih sering cuci tangan pun digalakkan guna menjaga kebersihan tangan. Berbagai fasilitas seperti sanitizer, sabun cuci tangan pun terbilang menjadi kebutuhan masyarakat di tengah pandemi global ini.

3. Hidup sehat

Barangkali banyak di antara kita yang sudah jarang melakukan aktivitas hidup sehat setiap hari. Hidup sehat yang dimaksud adalah dengan rutin berolahraga dan menjaga asupan gizi dalam tubuh kita.

Sumber Foto: Pixabay

Covid-19 kita mengajarkan kita untuk hidup sehat. Dengan kedatangan wabah ini, membuat masyarakat mulai kembali menerapkan pola hidup sehat. Mulai dari olahraga hingga menjaga pola makan untuk pertahanan imunitas tubuh dan jangan lupa untuk tetap berpikir positif.

4. Lebih giat berbuat amal kebajikan

Tentu setiap musibah membuat kita untuk semakin berlomba dalam kebajikan. Misalnya seperti memberikan bantuan berupa sedekah kepada orang-orang yang mungkin karena dampak Covid-19 ini penghasilannya tidak stabil seperti hari biasanya.

Sumber Foto: Pixabay

Ada pula kita harus bermuhasabah diri dengan segala dosa-dosa yang selama ini kita perbuat. Pastinya setiap musibah ada hikmahnya. Semoga kita tetap menjaga amal-amal kebajikan kita agar kita selalu bersyukur dan bersabar terhadap segala kondisi yang ada di dunia ini.

Semoga kita semua bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari setiap kejadian dalam hidup kita. Terlebih lagi dari peristiwa wabah Covid-19 yang benar-benar mengguncang masyarakat dunia, khususnya negeri kita tercinta yaitu Indonesia.

Diharapkan agar kita selalu tetap waspada dan tidak panik. Mari kita sama-sama berdo'a semoga wabah ini segera berlalu. Aamiin ya, Rabb.

Demikianlah artikel mengenai Hikmah di Balik Peristiwa Wabah Covid-19 yang Mengguncang Dunia. Semoga bermanfaat untuk para pembaca.

BACA JUGA: Aksi Para Pemuda Dusun Peduli Wabah Covid-19 di Lingkungan Dusun

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon