Monday, May 4, 2020

Cara Menerapkan Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Menciptakan Lapangan Pekerjaan dan Pembangunan Ekonomi Desa

Cara Menerapkan Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Menciptakan Lapangan Pekerjaan dan Pembangunan Ekonomi Desa - Zaman semakin modern. Manusia mau tak mau juga harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman sekarang ini, salah satunya perkembangan teknologi digital.



Saat ini, Pemerintah Indonesia sedang galak-galaknya mencanangkan program untuk mendigitalisasi semua lingkup pekerjaan. Ada ekonomi kreatif yang tentu semakin hari semakin bermunculan ke permukaan, mulai dari pusat hingga ke desa.

Tentu pemanfaatan teknologi digital untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan pembangunan ekonomi desa benar-benar harus diperhatikan sebaik mungkin. Pekerjaan yang melibatkan teknologi digital tentu akan semakin memberi kemudahan bagi lingkungan pemerintahan.

Teknologi digital tentu bukan hal asing lagi bagi sebagian orang. Dalam pemerintahan, banyak sekali yang bermain dengan data. Baik itu data penduduk maupun data-data yang lainnya yang bisa diakses dengan memanfaatkan teknologi digital.

Profesi-profesi yang berkaitan dengan digital pun banyak bermunculan. Sebut saja ada profesi Programmer, Designer, Admin Web, Content Writer, Fotografer, Social media specialist, dan lain sebagainya.

Dengan memanfaatkan teknlogi digital untuk menciptakan lapangan pekerjaan, tentunya akan berdampak ke pembangunan ekonomi desa. Terlebih lagi dengan adanya ide-ide kreatif yang bisa ditularkan untuk pembangunan ekonomi desa.

Berikut ini ada beberapa profesi yang berkaitan dengan teknologi digital yang bisa dimanfaatkan untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan pembangunan ekonomi desa:

1. Programmer

Mungkin bagi sebagian orang, profesi ini terbilang profesi yang asing. Tapi bukan pula bisa kita anggap remeh dengan profesi yang satu ini.



Programmer adalah profesi yang lebih menitik beratkan pada sistem aplikasi untuk mengembangkan perangkat lunak. Dalam pembangunan desa, programmer bisa memberikan solusi digital dalam sistem desa yang selama ini dijalankan dengan manual.

Kita bisa ambil contoh seperti mengelola keuangan. Programmer bisa membuat sebuah aplikasi yang bisa mengelola keuangan desa yang tentunya akan lebih memudahkan dalam pembangunan desa.

Bukan hanya keuangan saja, ada lagi seperti laporan online, surat elektronik, dan lain sebagainya. Tentu saja semua itu tidak lepas dari peras programmer untuk merancang dan membuat suatu sistem demi terciptanya desa yang digital.

2. Fotografer atau Juru foto

Tentunya profesi yang satu ini sudah tidak asing lagi kita dengar. Dari zaman old hingga now, nyatanya profesi yang satu ini banyak peminatnya.


Fotografer bisa memanfaatkan lingkungan desa untuk mengambil objek-objek yang bisa dijadikan bahan informasi desa, tentunya dengan memanfaatkan teknlogi digital.

Bisa kita ambil contoh dari sisi keindahan alam desa maupun objek wisatanya. Dengan pengambilan objek gambar, fotografer bisa membagikan gambar-gambar tersebut di dunia maya agar lebih dikenal oleh orang banyak.

Ada lagi mungkin kegiatan-kegiatan masyarakat desa sehari-hari yang bisa dijadikan objek gambar guna mengenalkan sebuah desa yang penuh dengan kegiatan-kegiatan yang positf.

3. Content writer atau penulis konten

Bagi sebagian orang, menulis adalah suatu keharusan. Dalam kehidupan kita sehari-hari, tentu tidak lepas dari dunia tulis menulis. Apalagi dengan adanya sosial media yang membuat orang rela berjam-jam hanya untuk sekedar diskusi melalui tulisan.


Tapi apakah semua orang bisa mengemas tulisan menjadi sebuah konten? Tentu jawabannya tidak semua orang. Dibutuhkan ketelitian dan juga mood yang baik dalam menulis sebuah konten, karena target yang dituju adalah pembaca.

Content writer atau penulis konten adalah profesi yang saat ini banyak sekali orang mengambil perannya. Tugasnya tidak lain adalah menulis konten web maupun konten artikel. Tentu dibutuhkan keahlian khusus untuk mengemas sebuah tulisan agar enak dibaca.

Dalam pembangunan desa, content writer bisa mengambil peran guna untuk mengenalkan suatu desa melalui sebuah tulisannya. Tentu dengan tulisan yang baik dan menarik akan membuat orang senang membaca tulisan tersebut dan semakin mudah memperkenal desa yang diperkenalkan.

Mungkin 3 profesi di atas bisa kita ambil contoh sebagai profesi yang memanfaatkan teknologi digital untuk pembangunan desa.

Semoga semakin hari, ekonomi kreatif benar-benar dirasakan dan berdampak pada lapangan pekerjaan dan pembangunan desa. Semoga bermanfaat dan semangat membangun negeri. Merdeka!

Demikianlah artikel tentang Cara Menerapkan Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Menciptakan Lapangan Pekerjaan dan Pembangunan Ekonomi Desa. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon