Wednesday, August 7, 2019

9 Makanan Minuman Khas Bulan Ramadhan yang Paling Sering dijumpai Banyak Orang

9 Makanan Minuman Khas Bulan Ramadhan yang Paling Sering dijumpai Banyak Orang - Assalamu'alaykum. Halo sobat sekalian. Gimana aktivitasnya hari ini?. Masih pada lancar dan tetap semangat kan?. Tak terasa sudah mau lebaran ya. Mudah-mudahan sobat sekalian selalu sehat wal'afiat. Amiin ya rabb.

9 Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan yang Paling Sering dijumpai Banyak Orang


Tepat pada bulan ramadhan ini, mudah-mudahan ibadah kita semakin terus meningkat ya dan diberkahi oleh Allah subhanahu wata'ala.

Terkait bulan ramadhan, tidak hanya berbicara mengenai ibadah, namun juga terlintas sejenak dalam pikiran kita tentang makanan dan minuman yang sering kita jumpai saat ramadhan tiba.

Makanan dan minuman itu juga bisa dibilang tergolong sesuatu yang khas pada bulan ramadhan. Apa kira-kira ya tebakan sobat tentang makanan dan minuman itu?.

Nah, dari pada bingung-bingung. Sama-sama kita paparkan yuk, sob.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas kembali seputar kuliner yang pasti akan membuat kita penasaran untuk mengetahuinya. Nah, berikut ini akan kita paparkan mengenai 9 Makanan dan Minuman Khas Bulan Ramadhan yang Paling Sering dijumpai Banyak Orang .

Dari pada sobat makin penasaran kan, mari kita sama-sama simak ulasan berikut ini ya.


1. Kurma

Makanan khas pertama itu adalah kurma. Siapa sih sobat sekalian yang tidak tau makanan yang satu ini?. Kalau ada sobat yang belum tau apa itu kurma, ini sob ane kasih sedikit bocoran gak apa-apa lah ya.

Kurma makanan khas ramadhan


Kurma adalah buah, yang mana buah ini merupakan buah yang berasal dari daerah timur tengah sana, sob. Buah yang satu ini sangat banyak peminatnya di kala ramadhan tiba, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Rasa yang manis inilah membuat kurma sangat digemari semua kalangan usia.

Manfaat kurma itu sangat banyak. Salah satu manfaat kurma yaitu mengatasi anemia, mencegah stroke, dan masih banyak lagi. 

Makanan yang manis seperti buah kurma ini sangat dianjurkan saat berbuka puasa. Bahkan sangat banyak sekali orang yang mengawali buka puasa dengan mengkonsumsi buah kurma. Makan kurma saat mengawali buka puasa itu sunnah Rasulullah loo, sob. Jadi, sobat jangan lupa buka dengan mengkonsumsi kurma ya.

2. Kolak

Makanan khas bulan ramadhan yang berikutnya yaitu kolak. Rasa yang manis membuat kolak menjadi salah satu makanan favorit di kala berbuka puasa. Mengkonsumsi makanan manis itu sangat dianjurkan saat berbuka puasa. Ini bertujuan unt menstabilkan tenaga kita. 

Kolak makanan khas ramadhan
Sumber : tokopedia.com

Kolak pun sangat beraneka ragam menunya. Ada kolak durian, kolak pisang, dan lain sebagainya. Untuk memberi rasa nikmat, menu-menu itu biasanya dicampur dengan kuah yang manis. Nah, sobat tinggal milih menu yang mana yang sobat sukai.

Kalau sobat tidak sempat membuatnya, banyak kok orang yang berjualan kolak saat sore hari menjelang berbuka puasa. Sekalian ngabuburit lah yakan, sob. Hehehehe..

3. Cincau atau lengkong

Nah, berikutnya yaitu dari golongan minuman. Namanya adalah cincau atau lengkong. Biasanya orang menyebutnya cincau, ada pula yang menyebutnya lengkong. Mungkin tergantung daerah kali ya, sob. Ane lebih sering menyebutnya lengkong, sob.

Cincau makanan khas ramadhan
Sumber: republika.co.id

Kalau sobat jalan-jalan sore menjelang berbuka, pasti banyak tu orang yang berjualan cincau atau lengkong. Biasanya orang menjualnya dengan menu yang sudah ada yaitu es cincau. 

Perlu diketahui, bahwa cincau ini merupakan sebuah makanan yang berjenis agar-agar yang dibuat dari daun-daunan yang disebut dengan tumbuhan mesona.

Manfaat cincau ini pun sangat baik untuk tubuh. Misalnya untuk mengobati demam, panas dalam, dan biasanya ada sebagian orang yang mengatakan bahwa cincau ini merupakan zat anti kanker yang sangat baik untuk tubuh. 

4. Es campur

Orang Indonesia memang unik ya, sob. Banyak sekali variasi untuk membuat sesuatu yang unik. Minuman yang satu ini sudah tidak asing lagi kita dengar. Selain rasanya yang segar, harga es campur pun tidak menguras kantong kok, sob. Alias murah.

Es campur minuman khas ramadhan
Sumber: idntimes.com

Banyak variasi orang untuk membuat es campur. Biasanya es campur merupakan campuran dari cincau, kolang kaling, santan, cendol, es, susu, dan sirup. Tergantung selera masing-masing, sob.

5. Gorengan

Siapa sih yang tidak tau apa itu gorengan?. Makanan yang satu ini merupakan makanan yang sangat banyak kita jumpai di warung-warung sederhana. Gorengan juga menjadi salah satu makanan favorit saat bulan ramadhan.

Gorengan makanan khas ramadhan
Sumber: tirto.id

Gorengan sangat bermacam jenisnya. Ada ba'wan, risol, tempe, pisang goreng, ubi, dan lain sebagainya. Biasanya orang suka makan gorengan dibarengi dengan saus ataupun cabe hijau. Dan gorengan ini pun biasa dijadikan cemilan saat berbuka puasa.

Pasti sobat pernahkan makan gorengan?. Kalau belum, segera ya, sob. Biar dibilang kekinian. Hehehe..

6. Bubur

Makanan yang berikutnya yang juga tidak kalah mantap yaitu bubur. Makanan ini juga sangat sering kita jumpai di sekitar kita, sob. Banyak orang mengkonsumsi bubur saat berbuka puasa. Bubur pun sangat banyak aneka macamnya. Ada bubur ayam, bubur sum-sum, bubur kacang hijau, bubur candel, dan masih banyak lagi.

Selain memiliki rasa yang manis, bubur juga ada rasanya yang asin. Yang pasti, makanan ini sangat bervariasi rasanya. Jadi, sobat suka makan bubur kan?

7. Es cendol

Kembali lagi ke golongan minuman, yaitu es cendol. Minuman yang satu ini merupakan minuman yang berasal dari Jawa barat. Sudah pasti, dari namanya yang tidak asing didengar, pastinya minuman yang satu ini sangat digemari masyarakat Indonesia.

Dengan campuran gula merah, santan, tepung beras, membuat rasa es cendol pun menjadi semakin mantap. Sobat tidak perlu repot-repot membuatnya, karena sudah banyak orang yang berjualan es cendol.

Tapi kalau sobat rajin, ya gak papa juga sih buat di rumah sendiri. Jangan lupa sekalian buatin punya ane ya, sob. Hehehehe..

8. Es kelapa

Minuman yang tidak kalah mantap yang lainnya yaitu es kelapa. Minuman yang satu ini merupakan minuman yang juga sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Bahan dasar es kelapa yaitu kelapa muda.

Es kelapa minuman khas ramadhan


Biasanya orang membuat es kelapa dengan campuran kelapa muda, es, dan jeruk nipis, atau juga bisa dicampur dengan gula merah. Nah, es kelapa ini sangat bagus dikonsumsi karena akan memberi ion-ion tambahan ke dalam tubuh kita.

9. Es buah

Nah, yang terakhir yaitu es buah. Minuman ini merupakan minuman es yang dicampur dengan buah-buahan. Guna memberi sensasi yang nikmat, es buah biasanya dicampuri sedikit gula agar rasanya pun menjadi manis.

Es buah minuman khas ramadhan


Minuman yang satu ini sangat banyak dijual di sekitar rumah kita. Jadi, sobat tidak usah repot-repot ya untuk membuatnya.

Gimana, sob? Udah pada gak sabaran untuk menyantap? Harap sabar ya karena waktu berbuka masih beberapa jam lagi.

Mungkin itu saja yang dapat ane paparkan pada kesempatan kali ini mengenai 9 Makanan Minuman Khas Bulan Ramadhan yang Paling Sering dijumpai Banyak Orang. Mudah-mudahan bermanfaat ya, sob.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon