Friday, December 21, 2018

9 Makanan khas Medan yang Patut dicoba Saat Berkunjung ke Kota Medan

9 Makanan Khas Medan yang Paling Terkenal - Halo sobat sekalian, lagi pada apa ini? Pastinya sobat masih semangat kan? Ini ane mau bercerita kembali mengenai makanan khas ala nusantara loo, sob. Mari-mari merapat sob agar mendapat ilmu pengetahuan akan budaya nusantara kita. Pastinya seru untuk kita ulas.

9 Makanan khas Medan yang Patut dicoba Saat Berkunjung ke Kota Medan


Bumi nusantara memang tiada duanya yakan, sob. Kata itulah yang sangat cocok untuk menggambarkan dan memuji bumi nusantara kita. Sobat bangga tidak sebagai orang Indonesia?. Kalau ane sih bangga sekali, sob.

Selain orangnya yang sopan dan santun, namun budayanya sangat banyak dan beraneka ragam. Wah, bermacam-macam lah pokoknya, sob.

Kali ini kita akan bercerita tentang makanan khas nusantara dari bumi Sumatera, tepatnya makanan khas Medan. Ahoii Medan!

Sobat sekalian udah pernah ke Medan belum? Sobat tau kan Medan itu di mana? Pasti sudah banyak sobat sekalian yang sudah tau dimana itu Medan. Kalau belum, ini ane kasih tau ya.

Medan merupakan nama ibu kota dari provinsi Sumatera Utara. Yang mana provinsi ini terletak jauh di ujung barat sumatera setalah provinsi Aceh. Walaupun Medan terletak di daerah ujung barat Indonesia, namun Medan juga memiliki banyak cerita tentang sejarah kebudayaannya loo.

Kota Medan merupakan kota yang kaya akan budayanya. Perlu sobat ketahui juga, Medan menyimpan sejuta kuliner yang memanjakan para pengunjung dari luar kota Medan pula.

Jikalau sobat berkunjung ke Kota Medan, jangan lupa dengan kuliner khas ala Medan ya, sob. Bisa dibilang juga sih kalau Kota Medan sebagai kota surga kuliner.

Dari pada sobat makin penasaran, mari simak baik-baik ulasan di bawah ini ya, sob. Berikut ini akan kita paparkan 9 makanan khas Medan yang patut dicoba saat berkunjung ke Kota Medan:


1. Bika Ambon

bika ambon medan
Sumber: www.tribunnews.com

Makanan khas urutan pertama yaitu bika ambon. Siapa sih anak Medan yang tak kenal kue yang satu ini. Jangan ngaku anak Medan sob kalau tidak tau apa itu bika ambon ya, sob.

Namanya bika ambon. Pasti banyak dari sobat luar kota Medan sekalian yang mengira kalau bika ambon berasal dari daerah Ambon sana kan, sob. Nyatanya tidak ya, sob. Bika ambon merupakan makanan khas dari Medan yang sangat terkenal.

Bika ambon merupakan kue dengan warna kuning dan di permukaannya terdapat lubang-lubang kecil. Sobat bisa merasakan nikmatnya bika ambon dikala bika ambon panas, hangat, maupun sudah dingin.

Bika ambon sangat digemari orang-orang Medan. Bahkan kue yang satu ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari Medan. Jadi kalau sobat berkunjung ke Medan, jangan lupa mencicipi kue yang satu ini ya, sob. Sekalian juga bisa dijadikan oleh-oleh. Dijamin deh, pasti enak loo, sob.


2. Bolu Meranti

Bolu meranti medan
Sumber: www.bolumeranti.co.id

Makanan khas berikutnya yang bisa sobat cobai dikala berkunjung ke Kota Medan yaitu bolu meranti. Ada yang unik dari bolu meranti, sob. Bolu meranti memiliki rasa yang khas tersendiri dibanding dengan bolu-bolu yang lainnya.

Bolu meranti juga memiliki berbagai macam rasa yang bisa sobat cobai ni. Ada rasa kacang, keju, nanas, mocca, dan masih banyak lagi. Jadi, kalau sobat bingung mau bawak oleh-oleh khas Medan, bolu meranti juga sangat bisa dijadikan oleh-oleh buat keluarga sobat di rumah. Jangan kelamaan ya, keburu habis bolunya nanti, sobat. 

3. Durian Medan

Durian medan
Sumber: www.ucokdurian.id

Loo, emang durian Medan beda ya dengan durian di daerah lain?
Ya benar sekali, sob. Durian Medan yang satu ini beda loo sob dengan durian lainnya. Selain ukuran duriannya yg jumbo, rasanya pun dijamin tak akan mengecewakan sobat. Bahkan harganya pun juga sedikit lebih menguras kocek tapi pasti sobat tidak kecewa deh. Salah satu durian Medan yang sangat terkenal yaitu durian Ucok

4. Soto Medan

Soto medan
Sumber: www.waspada.co.id

Banyak sebagian besar daerah nusantara yang memiliki makanan khas sotonya masing-masing. Ada soto Betawi, soto Lamongan, dan masih banyak lagi.

Medan juga tidak mau kalah pastinya, sob. Ternyata ada juga loo yang namanya soto Medan. Tentu soto Medan ini memiliki rasa yang berbeda dengan soto-soto yang lainnya. Nah, bagi sobat yang sangat doyan makan soto, bisa dicobai ni soto khas dari Kota Medan yaitu Soto Medan.

5. Pancake Durian

Pancake durian medan
Sumber: www.ceritamedan.com

Makanan khas Medan berikutnya yang sudah tidak asing lagi didengar yaitu pancake durian. Walaupun pancake durian salah satu makanan dari luar negeri, nyatanya makanan ini menjadi salah satu makanan favorit anak Medan.

Pancake durian juga memiliki beraneka macam rasa. Ada rasa original, mocca, coklat, sampai pandan. Sobat tinggal pilih aja ni rasa yang sobat sukai.

6. Lemang

Lemang medan
Sumber: www.medanbisnisdaily.com

Makanan yang satu ini juga menjadi salah satu makanan favorit anak Medan. Dengan perpaduan antara beras ketan ditambah lagi dengan santan, menjadikan lemang akan terasa sangat gurih dan memanjakan lidah setiap penikmatnya. 

Lemang dimasak dengan cara yang unik, yaitu menggunakan bambu yang sudah dilapisi daun pisang, lalu dibakar di atas bara api sampai matang.

7. Teri Medan

Teri medan
Sumber: www.viva.co.id

Makanan khas Medan berikutnya yaitu teri medan. Memang sih teri medan ini berukuran kecil. Tapi jangan sepele dulu, sob. Teri ini sangat banyak penggemarnya loo, sob.

Soal rasa, jangan ditanyak lagi, sob. Sudah pasti tak akan mengecewakan, sob. Kalau sobat tidak percaya, datang aja ke Medan sambil membawa pulang makanan yang satu ini.

8. Manisan Jambu

Manisan jambu medan
Sumber: www.tourtoba.com

Sobat udah pernah merasai belum manisan jambu? Kalau belum, boleh lah sob main-main ke Kota Medan atau kalau ada teman sobat yg dari Medan, bisa minta bawain manisan yang satu ini, sob. Rasa yang manis, segar dan tekstur yang renyah, sangat cocok ni dicipipi pada siang hari.

Manisan jambu ini, juga sangat cocok sob dibawak oleh-oleh buat keluarga di rumah. Selain renyah nan enak, jambu memiliki khasiat yang baik untuk tubuh manusia. Jadi, jangan tunggu lama ya, sob. 

9. Kacang Sihobuk

Kacang sihobuk
Sumber: www.travelingyuk.com

Makanan khas Medan yang terakhir yaitu kacang sihobuk. Makanan yang satu ini merupakan kacang pilihan dengan kualitas terbaik. Yang namanya kualitas terbaik pastinya sangat ketat proses pemilihannya, sob. Apalagi kalau menikmati saat-saat kumpul bareng keluarga. 

Gimana, sobat?

Masih penasaran sobat untuk mencoba makanan-makanan khas Medan di atas? Kalau penasaran, boleh dong sob main-main ke kota Medan sambil menikmati makanan-makanan khas Medan.

Tidak juga dengan makanan khasnya, Medan juga terkenal dengan budaya wisatanya. Nanti kalau ada kesempatan, insyaAllah ane ceritakan ya ke sobat mengenai tempat wisata yang ada di Medan. Dijamin pasti membuat sobat ingin berkunjung ke daerah ujung barat kedua Sumatera ini. Heehehe.

Demikianlah ulasan mengenai 9 Makanan khas Medan yang Patut dicoba Saat Berkunjung ke Kota Medan versi CaraMenerapkan. Mudah-mudahan bermanfaat ya, sob.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon