Wednesday, April 27, 2016

Cara Mencegah dan Mengobati Flu atau Pilek Secara Mudah dan Alami

Cara Mencegah dan Mengobati Flu atau Pilek Secara Mudah dan Alami - Flu atau pilek merupakan penyakit yang sangat sering di derita orang yang tinggal di negara tropis. Biasanya penyakit flu disebabkan oleh virus, namun bisa jadi juga disebabkan oleh faktor cuaca.

Flu atau Pilek

Flu atau pilek memang tidak terlalu bahaya bagi manusia, namun penyakit ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bahkan orang yang mengalami flu, bisa juga diiringi juga dengan demam. Ciri-ciri gejala flu adalah batuk, pilek, hidung tersumbat. Namun, jika anda telah mengalami hal itu, tidak perlu cemas. Anda bisa mengatasinya secara mudah dan alami, asal dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Ada beberapa cara untuk mengobati maupun mencegah flu atau pilek secara mudah dan alami :

1. Perbanyak Minum Air Putih

Air Putih

70 % tubuh kita terdiri dari air. Banyaklah minum air putih minimal 8-10 gelas dalam sehari. Minum air putih dapat menjaga agar tenggorokan anda bersih dari kuman yang dapat menyebabkan flu.


2. Banyak Minum yang Hangat-Hangat

Banyak minum yang hangat-hangat

Minuman hangat dapat meredahkan hidung yang tersumbat, mencegah dehidrasi serta mengurangi nyeri tenggorokan. Sangat dianjurkan untuk minum air putih yang hangat.

3. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup

Istirahat yang dapa mengembalikan kondisi prima anda. Ini juga merupakan obat flu alami paling manjur. Jangan melakukan kerja berat jika anda masih dalam masa penyembuhan.

4. Konsumsi Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran

Konsumsi buah dan sayur juga sangat bagus untuk mengembalikan kondisi tubuh agar lebih prima lagi karena tubuh juga sangat membutuhkan asupan vitamin dan mineral.

5. Berkumur

Berkumur juga menjadi solusi untuk mengobati flu. Anda bisa berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam, cuka apel, maupun kunyit jahe agar mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Hirup Aroma Menthol

Aroma menthol sangat baik buat anda yang mengalami hidung tersumbat. Anda dapat menggunakan minyak kayu putih ataupun sebagainya untuk dijadikan sumber aroma menthol.

7. Berolahraga Ringan dibawah Terik Matahari Pagi

Berolahraga Ringan dibawah Terik Matahari Pagi

Anda juga bisa memanfaatkan sinar matahari pagi sambil melakukan olahraga ringan. Tidak perlu lama-lama, cukup dalam waktu 30 menit saja. Panas matahari mampu mengeluarkan keringat pada tubuh kita. Sinar matahari pagi banyak mengandung vitamin D, ini sangat bagus untuk menguatkan tulang. Dianjurkan untuk melakukan cara ini antara jam 8 pagi - 09.30 pagi. 



Sekian ulasan tentang cara mencegah dan mengobati flu atau pilek secara mudah dan alami. Semoga bermanfaat ya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon