Wednesday, April 27, 2016

Cara Mengobati Batuk Berdahak Dengan Mudah dan Alami

Cara Mengobati Batuk Berdahak Dengan Mudah dan Alami - Batuk merupakan suatu penyakit yang sangat sering dialami oleh kebanyakan orang. Batuk juga tidak mengenal usia. Batuk biasa disebabkan karena virus. Batuk biasanya juga disertai dengan flu maupun dahak. Penyakit ini sangat mengganggu, apalagi batuknya sampai ke tingkat bengek yang membuat dada terasa sakit. Batuk juga bisa terjadi bukan karena virus, tapi karena merokok juga bisa menyebabkan timbulnya batuk.



Salah satu batuk yang sangat sering menyerang orang adalah batuk berdahak. Kalau anda sudah mengalami ini, janganlah langsung untuk mengunjungi dokter. Anda bisa menerapkan cara-cara alami untuk mengobati batuk berdahak. Selain alami, cara ini juga mudah untuk diterapkan.

Adapun beberapa cara mengobati batuk berdahak dengan mudah dan alami, anda bisa melakukan dengan cara berikut :

1. Teh Jahe

Jahe

Teh jahe sangatlah baik untuk mengatasi batuk berdahak. Bahkan ramuan ini telah dipercaya oleh banyak masyarakat di negara-negara asia. Irisan jahe yang dicampurkan ke dalam teh hangat cukup efektif untuk mengatasi batuk berdahak. Selain untuk mengobati batuk berdahak, teh jahe juga memberikan sensasi hangat dan nikmat. Disarankan untuk mengkonsumsi teh jahe dua kali sehari agar batuk berdahak cepat membaik dan sembuh.


2. Jeruk Nipis

Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga sangat dikenal masyarakat sangat manjur untuk mengobati batuk berdahak. Bahkan jeruk nipis juga sangat ampuh untuk menghilangkan batuk berdahak secara cepat dan alami juga pastinya. Anda bisa mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan madu dan air hangat. Dianjurkan untuk mengkonsumsi ramuan ini dengan 1 sendok teh, 1 hari 2 kali. Ada juga ramuan yang lainnya yang bisa diterapkan. Ramuan ini adalah dengan mencampurkan air jeruk nipis dan kecap. Ramuan ini lebih mudah dan tidak ribet. Air perasan jeruk nipis dicampurkan dengan kecap dan diminum sehari dua kali sebanyak 1 sendok teh. Jika anda rutin melakukannya, maka batuk berdahak akan membaik dan lekas hilang.


3. Kunyit

Ramuan Kunyit

Kunyit juga sangat ampuh meredahkan batuk berdahak. Bahkan, rempah yang satu ini juga sangat dipercaya orang Indonesia untuk meredahkan batuk berdahak. Cara penerapannya dengan menumbuk kunyitnya, lalu dicampurkan dengan madu kedalam segelas susu. Ramuan ini terbilang cukup efektif untuk meredahkan batuk berdahak.

4. Belimbing Wuluh

Mungkin banyak sebagian orang yang belum mengetahui apa itu belimbing wuluh. Belimbing wuluh adalah buah yang berukuran kecil yang menyerupai belimbing. Warnanya juga sama dengan belimbing biasa yaitu hijau dan rasanya masam. Buah ini juga sangat efektif untuk mengobati batuk berdahak pada anak maupun orang dewasa. Cara penerapannya yaitu dengan mencampurkan belimbing wuluh bersama dengan beberapa butir adas, tambahkan sedikit gula dan secangkir air. Setelah itu, rebus campuran-campuran tersebut dan saringlah airnya saat ramuannya sudah mulai dingin.

5. Perbanyak Minum Air Hangat

Perbanyak minum air hangat

Memperbanyak minum air hangat juga sangat membantu anda untuk menstabilkan tenggorokan anda. Air hangat akan sangat membantu untuk melancarkan dahak keluar dari tenggorokan. Cara ini terbilang mudah dan cepat. Anda hanya perlu melakukannya secara rutin.


Demikianlah pembahasan tentang Cara Mengobati Batuk Berdahak Dengan Mudah dan Alami. Jangan biarkan batuk berdahak mengganggu aktivitas anda. Semoga bisa menjadi berkah buat kita semua dan bermanfaat juga pastinya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon