Bekal Dasar dan Manfaat Menjadi Seorang Travel Blog

Bekal Dasar dan Manfaat Menjadi Seorang Travel Blog - Hayoo, siapa ini sobat-sobat sekalian yang punya hobi travel?

Pasti banyak ya. Nah, tulisan ini sangat cocok sekali buat sobat-sobat yang memiliki jiwa travel maupun yang ingin menjadi seorang travel blog. Bagi sebagian orang, travel itu biasa diartikan sebagai jalan-jalan ataupun melancong. Namun, apa ya hubungannya dengan blog?

Travel blog


Pasti banyak ni di antara sobat sekalian yang sudah mendengar sekilas tentang travel blog. Namun banyak juga kok beberapa di antara kita yang belum tau apa sih itu travel blog. Tenang sob, tidak usah panik dulu ya. Ini ane kasih tau penjelasan singkatnya.

Travel blog itu adalah seseorang yang memiliki hobi melancong atau jalan-jalan, lalu menuliskan cerita ke dalam blog pribadinya. Biasanya, tulisan blognya itu berisi cerita melancong ataupun jalan-jalan yang pernah dia lakukan.

Menjadi travel blog itu sangat enak, sob. Kerjanya cuma jalan-jalan, kemudian menuliskan cerita jalan-jalannya itu di blog. Namun tidak semua orang memiliki hobi yang sama juga, sob.

Bagi sobat yang punya hobi jalan-jalan, alangkah baiknya juga terlibat dalam kegiatan tulis menulis cerita jalan-jalan ke dalam blog pribadi sobat. Berbagi cerita dengan orang lain itu sangat menyenangkan kok, sob.

Apa harus jalan-jalan dulu ya?

Ya tentu sob. Namanya juga travel, juga harus lasak, sob.

Tapi saya bingung harus mulai dari mana?

Tidak perlu khawatir, sob. Disini akan kita ulas apa saja sih yang perlu dipersiapkan untuk memulai menjadi seorang travel blog:

1. Harus jalan-jalan

Ini salah satu hal yang wajib dilakukan untuk seorang travel blog. Sobat bisa memulainya dari yang terdekat saja dulu. Bisa dimulai dari daerah tempat tinggal sobat yang menurut sobat menarik.

Jalan-jalan


Berbicara soal jalan-jalan, pastinya ini melibatkan fisik loo, sob. Jaga selalu kesehatan agar tubuh selalu fit sebelum memulai jalan-jalan ya.

Jalan-jalan tidak harus ke tempat wisata kok, sob. Bisa juga berkunjung ke kota ataupun berkunjung ke tempat-tempat yang unik seperti taman kota, tempat sejarah, dan masih banyak lagi, sob.

Apalagi tempat yang banyak kulinernya. Nah, itu juga bisa kali loo, sob. Sambil menyelam minum air, sob. Sambil jalan-jalan, perut pun kenyang yakan, sob. Enak banget ya hehe.

Intinya harus semangat, sob!

2. Harus punya blog

Ini juga merupakan hal yang wajib dimiliki oleh seorang travel blog. Bagaimana mungkin sobat mau membagikan cerita ke orang banyak, kalau sobat tidak memiliki blog. Namanya juga travel blog. Ya pasti harus punya blog dong, sob.

Punya blog


Membuat blog itu ada yang tidak bayar, alias gratis kok, sob. Sobat bisa memanfaatkan blog yang gratis dulu untuk menuliskan cerita sobat. Jadi, tunggu apalagi. Segera dibuat blognya ya agar bisa menceritakan hal-hal yang menarik di blog sobat.

3. Membaca tulisan travel blog yang sudah berpengalaman

Membaca tulisan blog

Tidak ada salahnya juga kita belajar dari orang yang sudah memiliki pengalaman lebih dari kita. Tentunya membaca akan menambah wawasan dan ide-ide kita, sehingga kita dapat membuat tulisan blog semakin baik dan membuat pembaca menikmati tulisan blog kita, sob.

4. Harus promosikan blog

Share blog

Promosi itu tidak hanya menyangkut soal bisnis saja. Namun, dalam blog juga berlaku kok, sob. Mempromosikan blog akan memberi dampak yang positif bagi blog kita. Ini berguna untuk menarik pengunjung agar suka rela mampir ke blog pribadi sobat.

Bukan hanya itu, promosi blog juga meyakinkan orang agar mereka tahu kalau sobat adalah seorang travel blog yang aktif.

Banyak cara yang bisa sobat lakukan. Salah satu cara yang sering dilakukan para blogger yaitu berbagi cerita atau menshare artikel blog ke berbagai sosial media.

5. Harus update

Update blog

Alangkah baiknya seorang travel blog itu selalu mengupdate blog pribadinya. Dengan begitu, banyak pembaca yang menantikan cerita perjalanan kita berikutnya. Setidaknya kita mengupdate blog kita seminggu sekali atau kalau sobat sibuk, boleh juga sebulan sekali dengan tulisan yang panjang.

Nah, itulah bekal dasar yang harus dipersiapkan sebelum menjadi seorang travel blog. Intinya seorang travel blog itu, jiwanya harus senang dan gembira ya, sob.

Namun, menjadi seorang travel blog ada juga manfaatnya loo, sob. Ada beberapa manfaat yang bisa didapat oleh seorang travel blog, di antaranya:

1. Dapat mendatangkan rezeki

Bukan tidak mungkin, kalau sobat sudah menjadi seorang travel blog yang dikenal banyak orang, akan mendapat rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.

Rezeki itu bisa berupa sponsor, penghasilan dari perjalanan, hasil tulisan, dan lain-lain. Tentunya ini tidak bisa didapatkan secara instan. Intinya, sobat harus berusaha dan terus semangat ya.

2. Memiliki pribadi yang ikhlas

Seorang travel blog yang masih pemula, alangkah baiknya melakukan kegiatan ini dengan senang dan gembira tanpa mengharapkan imbalan apapun.

Ada pula hal yang harus dikorbankan. Mulai dari mengeluarkan biaya sendiri, dan menuliskan informasi sedetail mungkin ke dalam blog kita. Dan yang terpenting yaitu hobi kita tersampaikan.

3. Berasa seperti seorang travel yang masuk tv

Siapa sih yang tidak ingin menjadi seorang travel terkenal. Apalagi kerjanya hanya jalan-jalan, bisa masuk tv pula yakan, sob. Namun semua itu tidak semudah apa yang kita bayangkan, sob.

Walau tidak masuk tv, setidaknya kita bisa berasa masuk tv. Sobat juga bisa kok memasukkan video jalan-jalan sobat ke dalam blog. Tapi tenang dulu, point yang nomor tiga ini hanyalah sebagai penyemangat untuk sobat sekalian.

Jadi, terus lakukan kegiatan ini dengan semangat ya, sob. Rezeki bisa datang kapan saja. Bisa jadi suatu hari nanti sobat sudah muncul aja di tv sebagai reporter travel terkenal. Aamiin...

Jadi, dari beberapa hal yang sudah kita paparkan tadi, sobat sudah tau kan apa saja langkah yang akan dilakukan setelah ini?

Selanjutnya, keputusan ada pada diri sobat. Semangat untuk menjadi seorang travel blog, sob!

Mungkin itu saja yang bisa ane paparkan pada kesempatan kali ini. Demikianlah ulasan seputar bekal dasar dan manfaat menjadi seorang travel blog. Semoga bermanfaat ya. :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »