Monday, September 18, 2017

Cara Menerapkan Sosial Media Sebagai Ladang Amal

Cara Menerapkan Sosial Media Sebagai Ladang Amal - Tren sosial media memang tidak bisa dielakkan lagi pada zaman sekarang ini. Bahkan ada pula sebagian orang yang memiliki lebih dari satu akun sosial media.

Sosial media sebagai ladang amal


Meningkatnya jumlah pemakaian sosial media juga terjadi di negeri ini. Mereka berlomba-lomba bagaimana caranya agar tidak ketinggalan informasi. Fungsi sosial media pun tidak hanya untuk sekedar berinteraksi antar jarak jauh, namun juga sebagai sarana untuk saling berbagi.

Terlebih dari itu, sosial media tidak jarang digunakan orang-orang untuk mempromosikan sesuatu. Baik itu promosi suatu barang dagangan hingga promosi diri, misalnya seperti pemilihan umum atau PEMILU. Mungkin, dari berbagai macam fungsi inilah yang membuat sosial media semakin terus digunakan banyak orang.

Sosial media tidak hanya memiliki dampak positif, namun juga negatif. Segala sesuatu yang kita lakukan di sosial media itu diawasi dengan yang namanya UU ITE. Maka dari itu, alangkah bijaknya bagi kita untuk memanfaatkan sosial media sebaik mungkin.

Bergeser sedikit ke ladang amal. Sosial media juga bisa kita jadikan sebagai sarana untuk menambah amal. Bahkan tidak jarang para da'i, dokter, maupun profesi yang lainnya di Indonesia memanfaatkan sosial media untuk berbagi hal yang bermanfaat kepada orang banyak.

Berikut ini ane akan memaparkan cara menerapkan sosial media sebagai ladang amal:

Membagikan sesuatu yang bermanfaat

Sebagai penggiat sosial media, membagikan artikel maupun membagikan video itu adalah suatu hal yang wajar. Sebelum membagikan artikel maupun video, alangkah baiknya kita cermati terlebih dahulu apa yang mau kita bagikan. Untuk apa? Agar apa yang kita share itu benar-benar sesuatu yang bermanfaat dan tidak mengandung unsur yang negatif.

Banyak sekali artikel maupun video bermanfaat yang bisa kita bagikan. Misalnya artikel ataupun video mengenai keagamaan, kesehatan, dan masih banyak lagi. InsyaaAllah, bila yang kita bagikan itu bermanfaat untuk banyak orang, bukan tak mungkin mendapatkan ganjaran pahala dari Allah.

Menulis sesuatu yang bermanfaat

Mungkin ada dari sobat sekalian yang memiliki hobi menulis. Ini juga tidak bisa dihindari dari sosial media. Menulis sangat melekat dengan sosial media. Sobat bisa menulis artikel di blog, maupun hanya sekedar menulis status di sosial media. Pastikan kalau tulisan sobat itu bermanfaat untuk orang banyak ya.

Hindari hoax

Akhir-akhir ini, berita hoax sangat menjadi trending topik di jagat dunia maya. Sebagai penggiat sosial media, lebih baik kita tidak terlibat dengan yang namanya hoax. Tentu bukan amal yang kita dapat, malah dosa yang kita dapatkan.

Ikhlas

Setiap amalan itu tergantung dari niatnya. Bila niat kita ikhlas karena Allah, semua itu akan menjadi indah dan Allah pun ridho kepada hambanya. Jangan hanya gara-gara mendapat like sedikit ataupun tidak sama sekali, terus sobat tidak bersemangat. Jangan ya, sob.

Menshare, menulis artikel di sosial media pun butuh keikhlasan di dalam jiwa, sob. Bila sobat sudah ikhlas, pastinya sobat akan menjadi penggiat sosial media yang memiliki pribadi yang baik.

Mungkin itu saja yang bisa kita paparkan pada kesempatan kali ini. Sebagai penutup tulisan ini, ane sarankan buat kita sebagai penggiat sosial media harus lebih mengedepankan kebenaran dan tidak menebar kebencian.

Tulislah hal-hal yang bermanfaat dan tidak berbau hoax. Dengan begitu, Indonesia akan terus menghadirkan para penggiat sosial media yang santun dan bermoral.

Demikianlah ulasan mengenai cara menerapkan sosial media sebagai ladang amal. Mudah-mudahan bermanfaat ya, sob.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon