Thursday, September 14, 2017

4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membangun Startup

4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membangun Startup - Belakangan ini, trending startup terus semakin menjadi bahan pembicaraan di kalangan bisnis. Bahkan, tidak jarang orang-orang berlomba membangun sebuah startup. Semua ini bertujuan agar mereka tidak hanya sekedar menjadi penonton, namun juga pemain.

Membangun startup


Startup dapat diartikan sebagai perusahaan rintisan. Yang mana perusahaan jenis ini belum terlalu lama berjalan dan masih dalam tahap pengembangan.

Perlu diketahui pula, bahwa tidak semua orang dapat menjalankan startup-nya dengan baik dan sukses. Ada yang harus berhenti di tengah jalan dengan alasan yang beraneka ragam. Namun, ada pula yang sukses terus berkembang dan tetap eksis.

Dalam membangun sebuah perusahaan, pastinya kita harus menyiapkan pondasi yang kokoh agar perusahaan itu dapat berkembang dengan baik nantinya. Tentu ini juga berlaku bagi perusahaan berjenis startup.

Sangat banyak sekali faktor yang menyebabkan sebuah startup harus berhenti di tengah jalan. Tentu hal ini tidak bisa dijadikan hal yang sepele bagi para pendiri startup.

Pada kesempatan kali ini, CaraMenerapkan akan memaparkan 4 hal yang harus diperhatikan sebelum membangun startup. Apa sajakah itu?

1. Mau buat produk apa?

Dalam dunia bisnis, produk merupakan sesuatu hal dasar yang harus dipikirkan setiap pebisnis. Mempertimbangkan produk tentu menjadi salah satu kunci sukses dalam dunia startup

Sobat sekalian harus benar-benar memikirkan produk yang seperti apa yang mau dibuat. Nah, dari sinilah semua kita mulai.
 
Produk yang bagus akan memberikan dampak positif bagi suatu startup. Terlebih lagi tingkat kepuasan konsumen yang semakin baik akan memberi kesan positif untuk startup, sobat. Jadi, sobat harus memikirkan matang-matang tentang produk apa yang mau dibuat.

2. Tim yang solid

Tidak hanya dalam dunia sepak bola saja harus memiliki tim yang solid. Namun, di startup juga sangat berlaku akan hal itu. Percuma saja bila produk yang kita buat bagus, namun kita tidak memiliki tim yang solid. Tentu ini akan menjadi sebuah kesia-siaan.

Sebagai pendiri startup, sobat harus bisa mengatur bagaimana caranya agar membuat tim menjadi solid. Dari sinilah jiwa seorang pemimpin sobat diuji. Sobat harus bisa memastikan 2 hal dari setiap individu yang berada dalam tim:
  • Harus bisa bekerja tim
  • Harus mau mendengar kritik maupun saran
Bila kedua hal di atas dapat diterapkan dengan baik, insyaaAllah sobat akan memiliki tim yang solid yang akan membawa startup sobat semakin terus berkembang.

Dan ada juga satu hal yang tidak boleh sobat lupakan, yaitu memastikan setiap indvidu harus memiliki keahlian yang baik di setiap bidangnya (Skill baik, pengetahuan baik, dan tingkah laku yang baik).


3. Selalu uji coba produk

Sobat pastinya tidak boleh melupakan tahap uji coba produk. Percuma saja bila produk sobat bagus dan memiliki tim yang solid, namun sobat tidak mau menguji coba produk yang akan sobat pasarkan. Tentu ini akan menjadi sebuah kesalahan yang tidak bisa diabaikan.

Pasti akan ada selalu feedback negatif dari pasar. Terimalah segala kritik dan saran demi kemajuan startup, sobat. Jangan langsung pantang menyerah dan patah semangat ya, sob. Jadikan itu sebagai pembelajaran untuk ke depannya.

4. Harus sabar

Sebagai perusahaan rintisan, pastinya nanti kita akan banyak mengalami segala ujian dan cobaan. Untuk menjadi sukses pastinya tidak bisa instan. Harus ada proses yang dilalui. 

Bersabar dan berbenah merupakan salah satu ciri orang sukses yang bisa sobat terapkan dalam membangun sebuah startup. Asal sobat mau berikhtiar dan berdo'a, insyaaAllah semua akan berjalan dengan baik dan sukses.

Mungkin itulah 4 hal yang harus diperhatikan sebelum membangun startup versi CaraMenerapkan. Mudah-mudahan bermanfaat ya, sob.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon