Wednesday, June 8, 2016

Cara Mengatasi Ngantuk Selepas Shalat Shubuh

Cara Mengatasi Ngantuk Selepas Shalat Shubuh - Ngantuk merupakan suatu anugerah yang diberikan oleh Allah SWT. Jika mata telah mengalami ngantuk, maka ini bertanda bahwa tubuh harus istirahat.

Banyak sekali orang yang mengalami ngantuk selepas sholat shubuh. Tidak jarang orang lebih memilih tidur selepas sholat shubuh. Padahal Rasulullah tidak menganjurkan kita untuk tidur selepas sholat shubuh. Jika ditinjau dari sisi medis, tidur selepas shubuh tidak baik untuk kesehatan. Badan akan terasa lebih lemas dan mudah untuk terserang penyakit.

Selepas shubuh


Sangat dianjurkan untuk berolahraga selepas sholat shubuh karena polusi udara masih alami dan baik untuk sistem pernafasan pada tubuh. Selain itu, waktu shubuh atau selepas shubuh lah gusti Allah membukakan luas pintu rezeki. Sangat disayangkan jika kita tidur pada saat itu.

Berikut ini akan dipaparkan cara mengatasi ngantuk selepas shalat shubuh :

1. Jangan bergadang

Jangan bergadang

Hindarilah bergadang karena bergadang membuat pemicu untuk mendatangkan rasa ngantuk yang sangat berat di pagi hari. Tubuh yang kurang isitirahat akan menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh sehingga mudah mengantuk.

2. Tidur lebih awal

Tidur lebih awal

Tidur lebih awal akan memberikan manfaat tersendiri bagi tubuh manusia. Semakin kita tidur lebih awal, semakin pula kita akan terbangun keesokan harinya. Ini membuat tubuh kita menjadi lebih bugar ataupun fresh ketika bangun keesok harinya sehingga tidak mudah mengantuk. Ini biasa sangat sering dilakukan para calon tentara dalam waktu 7 bulan penuh dan rutin sebelum masuk tahap seleksi.

3. Bacalah dzikir selepas sholat shubuh

Jika dirimu sangat berhasrat untuk kembali tidur selepas sholat subuh, ingatlah bahwa dzikir ibadah terbaik setelah sholat. Amalan ini biasa dilakukan oleh Rasulullah selepas sholat shubuh.

4. Membaca atau menghafal Al-qur'an

Membaca atau menghafal Al-qur'an

Sebelum melakukan aktivitas di pagi hari, hendaknya memanfaatkan waktu ini untuk membaca atau menghafal Al-qur'an. Menghafal Al-qur'an pada waktu ini juga sangat baik karena otak kita masih dalam keadaan yang fresh.

5. Olahraga

Olahraga ringan

Melakukan olahraga di pagi hari sangat baik untuk tubuh. Olahraga dapat membuat peredaran darah pada tubuh menjadi lancar. Dengan berolahraga, dapat membuat tubuh lebih mudah keluar keringat sehingga membuat kita untuk tidak berpikir tidur selepas shubuh.


Nah, itulah cara mengatasi ngantuk selepas shalat shubuh, Semoga bermanfaat ya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon