Mengikuti Cara Hidup Sehat Rasulullah SAW

Mengikuti Cara Hidup Sehat Rasulullah SAWSebagai umat islam, sudah sepantasnya kita harus mencintai Rasulullah SAW. Termasuk dalam tata cara melakukan kehidupan sehari-hari. Apalagi kalau menerapkan cara hidup yang selalu Rasulullah amalkan dalam kehidupannya.

Sehat Ala Rasulullah


Berbicara tentang cara hidup, tidak lepas dari yang namanya kesehatan. Kesehatan merupakan titipan sangat berharga yang telah diberikan Allah SWT. Bahkan ini adalah sesuatu yang tidak bisa dibeli. Kesehatan merupakan salah satu nikmat Allah yang sering orang lupa akan mensyukurinya. Ketika kita sakit baru kita menyadari akan nikmatnya kesehatan itu.

Ada seorang suri tauladan yang bisa kita jadikan panutan untuk hidup sehat. Beliau adalah Rasulullah SAW. Selain cara beliau manjur untuk diterapkan, kita juga bisa mendapat keberkahan dalam menjalankannya.

Rasulullah SAW adalah manusia yang sangat menjaga akan kesehatannya. Beliau merupakan manusia yang mulia dengan riwayat sakit paling jarang. Beliau senantiasa dalam keadaan sehat meskipun melaksanakan tugas dakwah kerasulan yang teramat berat dan menguras pikiran serta tenaga. Apa yang menjadi rahasia dibalik hidup sehat beliau ?


Berikut ini adalah beberapa cara hidup Rasulullah yang selalu beliau terapkan atau amalkan dalam kehidupan sehari-hari :

 1. Rasulullah Bangun Sepertiga Malam

Rasulullah suka mengamalkan bangun sepertiga malam. Tujuan beliau bangun sepertiga malam adalah untuk mendekatkan diri kepada sang khaliq dengan melaksanakan shalat tahajjud. Ini sangat baik karena ketika kita sujud pada waktu itu, banyak darah yang mengalir ke otak yang membuat kita lebih fresh sebelum melaksanakan aktivitas keesokan harinya.

2. Rasulullah Bangun Sebelum Shubuh

Kesegaran udara shubuh sangat baik terutama untuk menyehatkan paru-paru serta menyegarkan pikiran. Oksigen pada waktu shubuh masih bebas polusi, ini sangat memberi manfaat bagi kesehatan otak.

3. Suka Menjaga Kebersihan

Rasulullah SAW senantiasa selalu menjaga kebersihan. Ada pepatah mengatakan “Kebersihan adalah sebagian dari iman”. Penting sekali bagi kita untuk menjaga kebersihan. Tempat yang kotor sangat kemungkinan besar dapat menimbulkan penyakit yang tidak diinginkan. Maka dari itu, islam sangat menganjurkan untuk menjaga kebersihan.

4. Tidak Pernah Makan Berlebihan

Rasulullah menganjurkan kepada umatnya untuk makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Makan secara berlebihan sangat memberi dampak buruk bagi kesehatan seperti menyebabkan kegemukan, timbulnya rasa malas dalam diri kita.

5. Beristirahat yang Cukup

Tubuh kita juga perlu istirahat. Kita juga bisa menjadikan tidur sebagai istirahat kita. Tidur yang cukup sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Apalagi untuk kita yang berstatus sebagai pekerja keras, ini akan sangat membantu kita untuk meningkatkan daya konsentrasi saat bekerja. Ini juga bermanfaat bagi kita para pencari ilmu, baik yang sekolah maupun kuliah.

6. Rajin Berolahraga Dengan Berjalan Kaki

Rasulullah sering berjalan kaki ketika berangkat ke mesjid, medan jihad, pasar, ataupun hanya sekedar mengunjungi rumah sahabatnya. Berjalan kaki dapat membuat peredaran darah berjalan dengan lancar. Ini memberikan manfaat untuk mencegah penyakit jantung. Kaki dan telapak kaki merupakan bagian organ tubuh yang sangat penting dalam menjaga metabolisme tubuh, dengan berjalan kaki dapat membuat seluruh saraf-saraf kaki dan telapak kaki akan selalu aktif yang bakal memberi dampak positif terhadap organ yang lainnya.

7. Mengamalkan Puasa Setiap Hari Senin dan Kamis

Puasa senin kamis memberikan waktu bagi lambung kita untuk beristirahat. Bayangkan saja setiap harinya lambung kita harus mencerna makanan. Baik setiap pagi, siang, maupun malam. Saat berpuasa, lambung kita akan beristirahat dan memproses makanan yang belum tercerna sebelumnya. Maka dari itu, cara ini sangat baik. Selain sehat, kita juga mendapatkan keberkahan berupa pahala.

8. Tidak Pemarah dan Pemaaf

Marah dapat menyebabkan darah tinggi. Darah tinggi dapat menyebabkan komplikasi penyakit yang lain seperti ginjal, stroke, dan lain-lain.

Rasulullah juga manusia yang sangat mulia dan menjadi suri tauladan bagi kita semua. Beliau selalu menerapkan sifat kasih sayangnya kepada semua makhluk dan sangat mudah untuk memaafkan. Memafkan orang lain akan mendatangkan ketentraman hati dan jiwa.


Mungkin itu saja yang bisa kita paparkan pada kesempatan kali ini. Sekian artikel tentang mengikuti cara hidup sehat Rasulullah SAW. Semoga bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari dan pastinya menambah kecintaan kita kepada Rasulullah SAW. 


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »