Cara Berhenti Merokok Secara Perlahan dan Tidak Ribet

Cara Berhenti Merokok Secara Perlahan dan Tidak Ribet - Merokok merupakan suatu gaya hidup yang sangat sering dilakukan oleh masyarakat pada zaman sekarang ini. Bahkan, tidak sedikit pula dari mereka yang menerapkan rokok menjadi suatu kebutuhan hidup.

Cara berhenti merokok secara total


Berbicara soal rokok, sudah pasti ini suatu aktivitas yang buruk bagi kesehatan. Dikutip dari beberapa data, bahwa rokok dapat mendatangkan beberapa penyakit, salah satunya yaitu serangan jantung.

Di Indonesia, pecandu rokok itu tidak bisa dibilang sedikit. Mulai dari kalangan remaja sampai orang tua pun kebanyakan menjadi pecandu rokok aktif. Lebih parahnya lagi, ada yang beranggapan kalau laki-laki yang tidak merokok tidak gagah. Sungguh pendapat ini sangat menyesatkan.

Bahkan tidak sedikit pula, anak yang masih usia balita juga terlibat dalam kecanduan rokok. Ini sangat tidak bisa dipungkiri. Berawal dari coba-coba, sampai akhirnya menjadi kecanduan. Faktor pergaulan pun juga sangat mempengaruhi seseorang untuk menjadi perokok aktif.

Ane mau bercerita sedikit ni sob. Jadi dulu tu semasa kuliah, ada seorang teman yang bercerita sama ane mengenai rokok. Beliau mulai merokok sejak masuk dunia perkuliahan. Padahal dulunya ketika beliau masih duduk di bangku sekolah, tak pernah merokok. Namun, siapa sangka, pergaulan yang telah merubahnya untuk terjun menjadi seorang perokok aktif. Sangat disayangkan sekali kan, sob.

Pasti banyak ni di antara sobat sekalian yang ingin sekali berhenti merokok secara permanen. Untuk sobat sekalian yang sudah terlanjur menjadi seorang perokok aktif, tidak ada salahnya untuk membaca artikel ini.

Baiklah, sob. Dari pada makin penasaran, alangkah baiknya sobat menyiapkan cemilan ataupun kopi susu sebelum membaca artikel ini lebih jauh lagi. Hehehehe.

Berikut ini akan kita paparkan cara berhenti merokok secara perlahan dan tidak ribet:


1. Niat yang kuat

Sebelum kita berpikir terlalu jauh mengenai cara berhenti merokok, lebih baik tanyakkan dulu ke lubuk hati sobat yang paling dalam. Apakah sobat memiliki niat yang kuat untuk berhenti merokok? Kalau iya, berarti sobat harus membaca artikel ini lebih lama lagi.

Semua yang akan kita perjuangkan di dunia ini, pastinya harus memiliki niat yang kuat. Tak terkecuali perjuangan berhenti merokok. 

Berhenti merokok juga bisa dibilang suatu perjuangan loo, sob. Kenapa ane bilang perjuangan? Karena banyak orang-orang yang ingin berhenti merokok itu selalu gagal mencapai visinya tersebut. 

Niat yang kuat ini harus menjadi dasar utama bagi sobat yang ingin berhenti merokok. Tanpa didasari niat yang kuat, dipastikan akan gagal di tengah jalan. Kalau sudah begini, berhenti merokok pun hanya menjadi sebuah ucapan belaka. 

Jadi ane saran buat sobat sekalian, dipastikan dulu niatnya. Jika sudah mantap, lalu lakukan aksi berikutnya. 

2. Apakah merokok itu bermanfaat?

Sebaiknya sobat harus menanyakkan dalam hati sobat ataupun mencari jawaban dari orang lain. Sebenarnya apa sih manfaat merokok itu? Hampir sebagian besar orang menjawab merokok itu hanya suatu kegiatan yang tidak ada manfaatnya.

Bila sobat beranggapan merokok itu bermanfaat, coba deh suruh adik sobat ataupun istri, anak-anak kecil untuk menjadi seorang perokok. Sudah pasti sobat melarangnya bukan? Alasannya karena rokok itu tidak baik untuk mereka.

Nah, bila sobat masih beranggapan rokok itu tidak baik untuk mereka, kenapa sobat masih mau merokok? Coba sobat pikirkan baik-baik tentang ini agar sobat bisa menjadi semangat untuk berhenti merokok. Belum lagi uang sobat terkuras hanya untuk membakar sebuah rokok.

Sebaiknya, dicermati dalam-dalam ya, sob.

3. Tidak baik untuk kesehatan

Ini sangat berhubungan dengan poin nomor 2 (dua) tadi. Rokok itu tidak ada manfaatnya, yang ada malah tidak baik untuk kesehatan.

Mungkin sobat sekalian sudah pada tau ni. Di Indonesia, bungkus rokok itu sudah ada gambar orang-orang penderita sakit jantung, sakit ini, dan sakit itu. Sangat mengerikan bukan? Mungkin sekarang belum merasai, tapi bila aktivitas merokok ini terus dilakukan sampai hari tua, bukan tidak mungkin sobat akan mengalami hal yang sama (Jangan sampai ya, sob).

Sebenarnya gambar itu dibuat agar masyarakat faham akan dampak buruk dari rokok. Namun sangat disayangkan, banyak para pecandu rokok tidak gentar sedikitpun dengan gambar itu. Banyak dari mereka yang beranggapan "itukan cuma gambar".

Jadi saran ane, lebih baik sobat jaga baik-baik kesehatan, sobat. Hidup sehat tanpa asap rokok itu indah loo. 

4. Olahraga teratur

Tidak bisa dipungkiri, bahwa olahraga menjadi salah satu alasan seseorang untuk berhenti merokok. Dengan olahraga, tubuh kita akan jauh lebih sehat. 

Nah bagi sobat yang ingin berhenti merokok, bisa dimulai dari olahraga yang teratur. Memang sih, tidak langsung berhenti. Akan tetapi dapat memberi dampak positif bagi, sobat. Setidaknya, secara perlahan merokok bisa dikurangi kuantitasnya dari waktu ke waktu.

5. Mencari kesibukan

Dalam melakukan program berhenti merokok, mencari kesibukan sangat dianjurkan. Sobat bisa memulainya dengan mencari kesibukan yang sobat sukai. Misalnya dengan mengembangkan hobi, sobat. Dengan begitu, sobat akan lupa dengan rokok secara perlahan.

6. Meminta nasihat teman

Sobat bisa menyampaikan unek-unek sobat untuk berhenti merokok kepada teman-teman terdekat, saudara, maupun keluarga. Mereka akan sangat membantu memberi nasihat agar sobat bisa kuat untuk berhenti merokok. Yang pastinya jangan ragu untuk saling sharing ya, sob.

Pada akhirnya, kita semua harus mengakui bahwa rokok itu lebih banyak mudhorotnya (sia-sia) dari pada manfaatnya. Mungkin cara-cara di atas bisa dijadikan acuan sobat sekalian untuk berhenti merokok secara perlahan dan menghasilkan.

Bila sobat sekalian ada yang mau memberi kritik/saran, pertanyaan, jangan sungkan untuk berkomentar ya.

Demikianlah ulasan mengenai cara berhenti merokok secara perlahan dan tidak ribet. Mudah-mudahan bermanfaat ya. Semangat!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »