Saturday, September 1, 2018

8 Cara Jitu Membuat Artikel Blog yang Pasti Dibaca

8 Cara Jitu Membuat Artikel Blog yang Pasti Dibaca - Hallo sobat sekalian. Apa kabarnya ni?. Sudah lama ane tak menulis ya. Kali ini ane akan berbagi ilmu sedikit kepada sobat sekalian. Sayang banget kalau dilewatkan ilmu yang sedikit ini yakan, sob?. Hehehe.

Untuk sobat yang sudah terjun ke dunia blog, pasti paham benar kalau blog itu sangat identik sekali dengan tulis menulis. Seorang blogger memang dituntut untuk memiliki skill dalam menulis artikel agar memberi kenikmatan bagi setiap pembacanya. 

Bagi sobat yang baru terjun di dunia blog dan sama sekali tidak pernah menulis, tentu ini menjadi suatu hal yang asing. Tapi jangan dulu berkecil hati, tentu itu semua bisa diatasi dengan kebiasaan-kebiasaan yang terus dilatih. Yang paling penting adalah rajin berlatih. 

Cara menulis artikel blog


Kali ini ane akan sharing mengenai 8 cara jitu membuat artikel blog yang pasti dibaca menurut versi ane, sob:

1. Perhatikan judulnya

Tidak bisa dipungkiri, bahwa semua orang pembaca baik itu blog, novel, majalah, maupun sebagainya, pasti selalu memperhatikan judul bacaannya. 

Bahkan sebagian orang, saat melihat judul yang kurang enak menurutnya, sering tidak mau melanjutkan membaca isinya. Inilah yang menurut ane sangat harus diperhatikan dalam menulis sebuah artikel. 

Pastikan judul yang sobat tulis itu memberi kesan penasaran kepada pembaca agar mereka ingin tau kelanjutan dari isi judul itu.

2. Memahami topik yang ditulis

Penting sekali bagi para penulis blog untuk memahami topik yang ditulisnya. Tidak pahamnya seorang blogger dengan tulisannya akan memberi dampak negatif terhadap blognya.

Mungkin ini salah satu penyebab blog sobat jarang dibaca karena penulisnya tidak paham topik apa yang diposting sehingga pembaca merasa kurang tertarik untuk membacanya.

3. Jangan terlalu banyak basa-basi

Ada kalanya seorang penulis itu menggunakan kata basa-basi untuk membuat para pembaca terhanyut dalam suasana yang santai. Namun, penting untuk diketahui bahwa terlalu banyak basa-basi juga tidak bagus loo, sob.

Pengguna internet itu banyak kesibukannya. Mereka akan sangat mudah meninggalkan blog sobat karena terlalu banyak kata basa-basi yang tidak penting itu. Jadi, pastikan sobat untuk membuat suasana tidak lebay dan pastinya santai dan tetap berkualitas.

4. Gunakan gaya bahasa yang mudah dipahami

Tidak semuanya para pembaca blog kita memiliki tingkat kecerdasan yang sama, sob. Menggunakan gaya bahasa yang mudah dipahami akan semakin memberi nilai plus untuk tulisan kita. 

Yang paling penting adalah gunakan bahasa yang sopan dan santun.

5. Libatkan pembaca

Kadang kala pembaca blog itu mudah bosan, sob. Pastikan tulisan blog kita tidak kaku alias monoton. Melibatkan para pembaca akan semakin membuat suasana pembaca merasa nyaman. 

Kita bisa menggunakan kata “sobat”, “agan”, “teman-teman”. Seperti yang ane buat diblog ini hehe.

6. Perhatikan jumlah baris paragraf

Keliatannya sepele ya, sob. Namun, hal ini memberi dampak besar loo, sob. Usahakan paragraf yang sobat tulis tidak lebih dari 4 atau 3 baris. Ini juga akan mengurangi tingkat kejenuhan pembaca.

7. Masukkan gambar pendukung

Memasukkan gambar pendukung dalam artikel yang kita tulis tentu akan menjadi lebih menarik dan pastinya blog kita tidak hanya monoton tulisan teks aja.

8. Edit sebelum dipublikasi

Sebelum dipublikasi, alangkah baiknya membaca kembali artikel yang sudah kita tulis. Perbaiki kata-kata yang tidak penting, salah ketik, dan lain sebagainya.  Dengan begitu, blog kita akan semakin bagus.

Kesimpulan

Dari beberapa paparan di atas, dapat kita simpulkan bahwa menulis itu memang suatu keharusan bagi seorang blogger. Tidak hanya menulis, namun kenikmatan para pembaca juga penting untuk diperhatikan oleh seorang penulis.

Menulis artikel sebenarnya tidak sulit. Asal kita mau belajar, praktek, dan rajin, tentu semua itu akan membuat kita menjadi terbiasa menulis artikel. Dengan begitu, lambat laun tulisan kita menjadi baik dan bagus.

Tentu untuk ane pribadi juga sedang berjuang menjadi seorang penulis artikel yang baik. Mari kita sama-sama belajar ya, sob. Bila ada saran komentar, boleh sobat tulis di form komentar ya.

Mungkin itu saja yang bisa ane bagikan pada postingan kali ini mengenai 8 cara jitu membuat artikel yang pasti dibaca. Mudah-mudahan bermanfaat ya, sob.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon