Wednesday, July 26, 2017

Cara Mengatasi Insomnia Secara Perlahan Tapi Pasti

Cara Mengatasi Insomnia Secara Perlahan Tapi Pasti - Halo sobat sekalian. Gimana dengan aktivitas hari ini?. Sangat melelahkan bukan?. Mudah-mudahan dengan lelah itu menjadi sebuah berkah buat sobat sekalian ya.

Cara Mengatasi Insomnia Secara Perlahan Tapi Pasti


Beruntunglah bagi sobat sekalian yang lelah dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Kenapa ane bilang beruntung. Ya karena kalau sudah lelah pasti sangat mudah untuk berisitirahat. Walaupun lelah, tidak menutup kemungkinan pula bagi sobat untuk mudah beristirahat alias susah tidur. Ini biasa disebut dengan insomnia.

Secara singkat, insomnia dapat diartikan sebagai suatu penyakit yang mana penderitanya akan mengalami sudah tidur di malam hari. Sobat tidak perlu ambil pusing dengan penyakit yang disebut dengan insomnia ini. Namun bukan berarti sobat menganggap sepele dengan hal ini.

Ane dulu juga pernah merasakan apa itu insomnia. Tapi sekarang ya Alhamdulillah, insomnia dapat ane atasi dengan kebiasaan yang mungkin juga bisa sobat terapkan dalam kehidupan, sobat.

Sebenarnya sih insomnia ini hadir karena kebiasaan kita sehari-hari. Dengan begitu, kita harus juga melawannya dengan kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari pula. Yang pastinya dengan kebiasaan yang positif.

Berikut ini akan kita paparkan beberapa hal mengenai cara mengatasi insomnia secara perlahan tapi pasti. Sobat simak ulasan berikut ini ya:

1. Hilangkan segala beban pikiran di malam hari

Banyak sekali dari kita yang sering berpikir sebelum tidur. Kalau berpikirnya secara ringan tidak ada apa-apa. Namun jika kita berpikir terlalu berat, ini yang akan menimbulkan insomnia.

Tidak jarang dari kita yang berpikir tentang aktivitas yang telah kita lakukan pada siang hari. Hingga akhirnya kita terlarut dalam pikiran itu, sehingga menghasilkan beban pikiran yang terlalu berat yang akan mendatangkan susah tidur alias insomnia.

Belum lagi ada yang mikiran hutang, kerjaan, dan sebagainya. Alangkah baiknya, sobat harus rileks sebelum tidur. Hilangkan semua beban pikiran yang ada. Dengan begitu, sobat akan menikmati tidur yang nyenyak di malam hari.

2. Cari kegiatan di siang hari

Sangat besar kemungkinan bahwa insomnia timbul disebabkan karena kurangnya aktivitas kita. Mungkin di siang hari kita lebih sedikit beraktivitas sehingga saat waktu malam tiba, tubuh kita tidak merasakan lelah. Ini yang membuat kita susah mengantuk.

Sangat dianjurkan untuk mencari kesibukan di siang hari, sehingga tubuh sangat mudah terasa lelah di malam hari. Dengan begitu, tidur pun dapat dipastikan lebih pulas.

3. Tidur lebih awal dan jangan suka begadang

Biasakan untuk tidak begadang. Tidur lebih awal itu sangat baik. Mungkin sobat bisa mempraktekkan anjuran ini. Bila kita tidur lebih awal, sudah pasti kemungkinan besar kita akan terbangun lebih awal juga. 

Nah, bangun pagi itu sangat menyehatkan sekali, sob. Cara ini tidak hanya untuk mengatasi insomnia saja, namun juga akan menambah kesehatan tubuh kita karena terbiasa bangun pagi.  

Banyak manfaat yang bisa sobat dapat dari bangun pagi. Salah satunya yaitu olahraga di pagi hari. Olahraga teratur setiap hari juga dapat mengatasi insomnia loo, sob. Olahraga sebentar tidak masalah yang penting rutin setiap hari.

Bagi yang muslim, bisa sholat shubuh tepat waktu ataupun berjama'ah di mesjid. Sangat bermanfaat sekali bukan, sob?.

4. Matikan lampu saat tidur

Cara ini cukup ampuh untuk dipraktekkan bagi penderita insomnia. Dengan kondisi ruangan tanpa sinar yang terang, akan sangat membantu sobat untuk tidur lebih tenang dan pikiran pun menjadi rileks.

5. Maafkanlah mereka

Mungkin sobat bertanya-tanya apa maksud dari maafkanlah mereka. Ini ane kasih penjelasan singkatnya.

Sebagai manusia biasa, pastinya kita memiliki rasa bersalah. Mungkin pada siang hari banyak sifat orang yang membuat kita jadi jengkel terhadapnya. Namun, kita juga harus bisa menjadi orang yang berlapang dada.

Memaafkan kesalahan orang yang telah berlalu itu baik, sob. Hati akan terasa tenang tanpa adanya unsur dendam. Percayalah, cara ini akan memberi dampak positif bagi jiwa dan raga, sobat.

Pada akhirnya kita semua harus tau, bahwa kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan akan mempengaruhi dampak bagi kesehatan kita. Maka dari itu, sebaiknya kita jaga kebiasaan-kebiasaan kita agar selalu berbuat yang positif.

Mungkin itu saja yang dapat ane paparkan pada kesempatan kali ini. Yang pasti, cara di atas sudah pernah ane praktekkan. Mudah-mudah sobat sekalian bisa mempraktekkannya secara perlahan tapi pasti.

Jika sobat sekalian ada komentar, jangan sungkan untuk mengisi kolom komentar di bawah postingan ini ya.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi insomnia secara perlahan tapi pasti. Mudah-mudahan bermanfaat ya, sob.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon