Sunday, July 23, 2017

5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Berkarir di Dunia Militer

5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Berkarir di Dunia Militer - Hallo sobat sekalian. Apa cerita ni?. Mudah-mudahan masih tetap dalam kondisi yang prima dan semangat ya. Kali ini kita akan membahas seputar militer.

5 hal yang wajib kamu ketahui sebelum berkarir di dunia militer


Hayoo, siapa ni di antara sobat sekalian yang bercita-cita menjadi seorang militer?. Ane do'akan semoga menjadi militer yang mulia, serta setia kepada bangsa dan negara ya.

Militer atau tentara merupakan sebuah karir yang dikagumi banyak orang. Bahkan, mungkin banyak di antara sobat yang waktu masih kecil ditanyak apa cita-citanya?. Tidak sedikit pula yang menjawab ingin menjadi militer.

Tergabung dalam kesatuan militer itu merupakan suatu kebanggaan setiap orang. Bahkan tidak sedikit orang tua yang menyarankan anaknya untuk tergabung di pasukan militer.

Di Indonesia, militer dikenal masyarakat luas dengan istilah TNI (Tentara Nasional Indonesia). Menjadi seorang militer itu pastinya tidak mudah. Setiap orang yang ingin tergabung di dalamnya harus memiliki keunggulan tersendiri dengan yang lainnya.

Berikut ini akan kita paparkan 5 hal yang wajib kamu ketahui sebelum berkarir di dunia militer:

1. Punya niat yang kuat

Pastinya semua berawal dari niat. Jadi militer itu tidak hanya bermodalkan niat saja, namun harus didukung dengan niat yang kuat. Bila sobat ingin masuk militer hanya untuk sombong, ane sarankan ubah niat sobat tersebut menjadi sebuah niat yang mulia untuk mengabdi kepada agama, bangsa dan negara.

Ada pula yang ingin masuk militer cuma sekedar ikut-ikutan teman. Menurut ane, ini tidaklah menjadi sebuah masalah besar. Hanya saja, bila nanti sudah dinyatakan lulus tergabung dalam kesatuan militer, lebih baik niatnya diperkokoh lagi agar tidak berhenti di tengah jalan.

2. Mental baja

Kehidupan dalam militer ini tidak seperti kehidupan masyarakat sehari-hari. Mungkin sobat sekalian sudah mengetahui bahwa militer itu harus memiliki mental baja. Yang pasti, anggota militer dituntut untuk menerima segala yang ada alias tidak cengeng.

3. Disiplin

Ane pernah mendengar semboyan militer yang bertuliskan "Disiplin adalah nafas kami". Nah, bila sobat ingin menjadi seorang militer, alangkah baiknya kedisiplinan diri harus lebih diperkuat lagi. 
Disiplin merupakan kunci utama orang-orang sukses. Di militer, kehidupan itu sangat serba disiplin. Mulai dari tidur, makan, latihan, dan sebagainya. Mungkin sobat bisa bayangkan bagaimana rasanya makan harus dihitung oleh pelatih. Pastinya, dunia militer itu sangat menghargai waktu.

4. Militer hidup penuh dengan perjuangan

Bila sobat ingin hidup bermewah-mewahan, militer bukan tempat sobat. Di militer, sobat ditempa menjadi seorang yang tangguh. Makanya itu, instansi militer tidak sembarangan menyeleksi anggota-anggota yang ingin tergabung di dalamnya.

Mungkin di antara sobat sekalian pernah mendengar semboyan "Kekuatan seorang prajurit tidak lahir dari kesenangan, melainkan dari penderitaan panjang yang dihadapinya dengan tekun".

Belum lagi sobat harus pergi jauh meninggalkan keluarga demi tugas negara. Pastinya ini harus dipikirkan matang-matang sebelum berkarir di dunia militer.

5. Mulia dan ikhlas 

Menjadi seorang militer itu adalah pilihan. Namun, memiliki pribadi yang mulia dan ikhlas itu suatu keharusan. Alangkah baiknya sobat juga menjadi militer yang ikhlas dan mulia.

Kadang, banyak dari teman-teman kita yang sudah berseragam militer, mereka lupa dengan dirinya. Sehingga timbulah rasa egois dalam jiwa.

Perlu sobat ingat, pangkat dan jabatan itu adalah amanah yang dititipkan Allah kepada hambaNya. Maka jangan sampai kita mempersalah gunakan amanah tersebut.

Mungkin 5 hal yang sudah kita paparkan tadi bisa menjadi pertimbangan sobat sebelum berkarir dalam kesatuan militer. Mudah-mudahan cita-cita sobat tercapai ya. Aamiin.

Bagaimana menurut sobat?. Ada tambahan yang lainnya?. Boleh tambah di kolom komentar ya, sob.

Demikianlah ulasan mengenai 5 hal yang wajib kamu ketahui sebelum berkarir di dunia militer. Mudah-mudahan bermanfaat ya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon