Cara Menerapkan Sahur dan Buka Puasa Anak Kos Secara Sehat dan Mudah

Cara Menerapkan Sahur dan Buka Puasa Anak Kos Secara Sehat dan Mudah - Bulan ramadhan tidak lepas dari yang namanya kegiatan sahur dan buka puasa. Segala sesuatu yang kita lakukan dalam sebulan penuh seperti sahur dan buka puasa, haruslah dengan persiapan yang baik pula tentunya, baik secara jasmani maupun rohani agar puasa selama 1 bulan ini akan berjalan dengan optimal. Dalam sahur dan buka puasa, sangat baik untuk merancang sesuatu yang harus dipersiapkan.

Cara Menerapkan Sahur dan Buka Puasa Anak Kos Secara Sehat dan Mudah


Buat anak kos, mungkin ada moment tersendiri nih bagi mereka ketika tiba bulan Ramadhan. Dimana mereka harus jauh dari orang tua demi merantau ke kota untuk menuntut ilmu maupun kerja. Sudah pasti deh ketika mereka sahur dan buka puasa harus dilakukan tanpa orang tua. Jangan bersedih ya hehe.

Anak kos juga dituntut untuk bijak memanajemen keuangan mereka pada saat bulan puasa ini demi cukupnya kebutuhan. Tak usah khawatir, semua itu dapat diatasi dengan sebaik mungkin. Disini kita akan mengulas cara menerapkan sahur dan buka puasa anak kos secara sehat dan mudah:

1. Memasak sendiri

Memasak sendiri sangat menghemat biaya untuk keperluan makan. Cara ini terbilang cukup baik, karena makanan yang kita makan sudah pasti terjamin kesehatannya. Namun selain itu, masak sendiri juga melatih kita untuk menjadi pribadi yang mandiri. Ada banyak cara memasak menu makanan yang bisa diterapkan seperti tumis kangkung, sayur bayam, dll. Lauknya bisa dengan tahu tempe, telur goreng, dan lain sebagainya.

2. Pintar memilih warung makan

Mungkin karena banyaknya kegiatan yang membuat anak kos tidak sempat untuk masak, anak kos juga bisa memilih warung untuk memenuhi kebutuhan perut, Pilihlah warung yang murah dan tidak menguras kantong terlalu banyak. Yang terpenting adalah makanan yang anda pilih terjamin kesehatan, kebersihan dan kehalalannya.

3. Kurma atau roti

Ada sebagian anak kos yang hidupnya tidak mau ribet, alias simple. Atau mungkin tidak sempat atau susah untuk mencari makanan diluar. Maka solusi yang bisa dicoba adalah dengan kurma atau roti. Makanan ini merupakan makanan yang memiliki zat gula yang tinggi dan dapat memudahkan untuk merasa kenyang. Pada kurma kandungan karbihidratnya sekitar 60% (kurma basah), 70% (kurma kering), sedangkan 20% merupakan protein dan 3% lemak, sisanya merupakan zat garam dan mineral. Dalam setiap 100 gr kurma kering memiliki kandungan vitamin A 90 IU, tiamin 93 mg, roboflavin 114 mg, niasin 2 mg dan kalium 667 mg.

4. Buka puasa bersama di mesjid

Cara ini terbilang sangat baik dan hemat sekali. Biasanya cara ini dilakukan pada saat mau tiba buka puasa. Anak kos bisa mendatangi mesjid-mesjid untuk buka puasa bersama.


Yang terpenting kesehatannya harus kita perhatikan ya agar dalam melaksanakan ibadah puasa, tubuh kita tetap terjaga. Mungkin itu saja yang dapat diulas pada kesempatan kali ini. Demikianlah artikel mengenai cara menerapkan sahur dan buka puasa anak kos secara sehat dan mudah. Semoga bermanfaat ya bagi para pembaca, terkhusus buat anak kos hehe.

Previous
Next Post »

Text Widget

Pages