Tamat Sekolah Mau Kuliah, Kerja, atau Nikah ?

Tamat Sekolah Mau Kuliah, Kerja, atau Nikah ? - Banyak sebagian orang yang bingung untuk menentukan karir setelah tamat sekolah. Di saat seperti ini kita diharuskan untuk menentukan piilhan antara kuliah, kerja atau nikah.  Dalam kondisi seperti inilah kita ditantang untuk bersikap dewasa.

Banyak yang berpendapat kalau masa-masa sekolah itu adalah masa yang paling indah. Apalagi masa-masa SMA. Ini adalah masa-masa terakhir bagi semua siswa.

Tamat Sekolah Mau Kuliah, Kerja, atau Nikah ?


Siswa yang saat ini duduk dibangku kelas 12, mereka sudah melaksanakan Ujian Nasional yang dikenal dengan sebutan UN. Ujian Nasional bukanlah akhir dari perjuangan, tetapi awal cerita untuk meraih masa depan. Sebentar siswa kelas 12 akan menunggu yang namanya lulus-lulusan. Tentu saja, setelah mereka mengetahui “LULUS”, maka banyak pertanyaan yang ada di benak mereka. Salah satunya yaitu mau kemana setelah lulus nanti?

Berbicara soal mau kemana setelah tamat nanti, banyak sebagian siswa yang sudah mempunyai planning setelah tamat nanti tapi ada juga yang masih bingung akan kemana mereka nantinya. Apakah mereka setelah tamat nanti mau kuliah, kerja, atau walimahan alias menikah ?

Hidup adalah pilihan, dan hidup juga perjuangan. Disaat seperti ini, kita harus memilih yang mana yang mau kita tuju dan apa yang akan kita tuju itu harus kita perjuangkan sebaik-baiknya. Ada beberapa pilihan yang bisa menjadi tujuan siswa setelah tamat sekolah nantinya. Beberapa pilihan itu antara lain :

1.  Kuliah

2. Kerja

3. Nikah


Pilihan-pilihan itu memiliki resiko yang berbeda-beda. Pastinya harus diimbangi dengan sebuah sikap pendewasaan diri, dimulai dari cara berpikir dan kebijaksanaan dalam bertindak dalam menentukan pilihan itu. Namun jika berbicara secara ideal setelah lulus SMA, sebenarnya ada dua pilihan yang menjadi target kebanyakan orang yaitu kuliah atau kerja tapi tidak sedikit pula yang setelah lulus SMA memilih jalan berbeda dengan meminang dampaan hati alias menikah. Mungkin mereka yang memilih jalan ini (menikah), mereka telah mempunyai planning yang sangat matang untuk memulai kehidupan berumah tangga. Yang jelas, kalau ingin menikah harus siap lahir bathin dan bertanggung jawab dunia dan akhirat tentunya.

Ada juga sebagian siswa yang memutuskan untuk melanjut di perguruan tinggi (kuliah). Mereka berpendapat kalau kuliah itu asyik serta bisa memutuskan akan jadi apa mereka nantinya. Sebenarnya kuliah itu untuk membuat kita agar lebih mandiri. Pola-pola pikir kita yang tadinya masih kekanak-kanakan, harus dirubah agar lebih dewasa lagi. Dengan kuliah, kita harus pandai-pandai menggali ilmu sebaik mungkin karena dunia kuliah sangat berbeda dengan dunia sekolah. Yang jelas anak kuliah dituntut untuk lebih mandiri dan kreatif. Jika kita memutuskan untuk kuliah, ada beberapa hal yang harus kita putuskan :

1.Mau kuliah dimana ? 

2. Ambil jurusan apa ? 

3. Berapa biayanya ?

4. Ambil program D3 atau S1 ?

5. Setelah lulus kuliah, apakah bisa dapat pekerjaan ?

Jika kita sudah memutuskan untuk kelima hal diatas, tentunya dengan semangat yang tinggi dan motivasi yang kuat, maka kuliah tidak sekedar ikut-ikutan. Banyak ilmu yang kita dapat di dunia perkuliahan. Yang pasti untuk bekal masa depan.

Selain kuliah dan nikah, ada juga ni yang memutuskan untuk kerja. Tentunya mereka harus mempunyai skill yang baik untuk menghadapi dunia kerja itu. Atau mungkin mau buka usaha dan menciptakan lapangan kerja buat orang banyak. Orang seperti inilah sangat bermanfaat bagi orang banyak karena membuat tingkat pengangguran akan berkurang. Semoga tetap semangat ya.


Semoga menambah wawasan bersama, dan semoga bermanfaat tentunya.
Previous
Next Post »

Text Widget

Pages