Wednesday, April 13, 2016

Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat Dalam Kehidupan Sehari-hari Dengan Mudah

Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat Dalam Kehidupan Sehari-hari Dengan Mudah - Hidup sehat memang sangat di idamkan oleh setiap jiwa, baik dari balita, remaja, dewasa, maupun orang yang sudah tua renta.

Mungkin sobat sekalian pernah menjumpai orang-orang yang sudah lanjut usia tapi tubuhnya tetap dalam keadaan sehat dan bugar. Sebenarnya rahasianya cukup sederhana sih. Hidup sehat itu pengaruh dari faktor gaya hidup kita.

Sehat itu nikmat terindah yang diberikan oleh Allah yang maha kuasa. Namun, bukan berarti hidup sehat itu susah untuk dicapai.



Berbicara soal hidup sehat, ada yang berpendapat bahwa kebanyakan orang yang tinggal di pedesaan lebih bugar dan sehat ketimbang kebanyakan orang yang tinggal di kota.

Sebenarnya alasannya cukup sederhana. Orang di pedesaan biasa hidup untuk bertani, berladang. Jadi, pagi-pagi hari mereka sudah bangun pagi untuk persiapan bertani maupun berladang. Mereka lebih sering mendapat sinar matahari pagi karena mereka bekerja di luar ruangan.

Selain itu, makanan orang yang di desa pun lebih alami. Nah, sedangkan kehidupan di kota berbanding terbalik dengan kehidupan di desa.

Orang kota lebih dominan bekerja di dalam ruangan tertutup. Makanannya pun tidak seperti orang desa. Ada yang sebagian mengandung pengawet yang tanpa disadari oleh si pemakan. Tentu ini akan memberi pengaruh terhadap kesehatan tubuh kita.

Maka dari itu, cukup masuk akal bila ada yang berpendapat bahwa orang yang tinggal di desa lebih berpotensi memiliki tubuh yang sehat dan bugar dari pada yang tinggal di kota.

Untuk mewujudkan hidup sehat alami, tak ada salahnya kita menerapkan hidup sehat alami. Ada beberapa cara menerapkan hidup sehat alami. Yuk, kita simak ulasan berikut :

1. Bangun pagi dan olahraga teratur


Tidak ada salahnya bagi kita yang tinggal di kota untuk meniru kebiasaan orang desa. Mereka lebih dominan sering bangun pagi.

Bangun pagi itu sehat, terlebih lagi diselingin dengan olahraga. Melakukan olahraga rutin setiap hari sangat baik untuk kesehatan tubuh, karena olahraga dapat membakar lemak yang ada didalam tubuh kita.

Olahraga juga akan membuat kondisi tubuh tetap stabil serta aktivitas yang kita lakukan setiap hari terasa lebih ringan dan kita tidak mudah lelah.

2. Jalani hari-hari penuh dengan semangat


Tiada hari tanpa semangat. Semangat mampu membangkitkan jiwa dan tidak membuat kita menjadi lesuh. Yang pasti semangat mampu menaikkan mental kita.

3. Perbanyak minum air putih

70% manusia terdiri dari air. Kekurangan cairan akan membuat tubuh kita menjadi lemas. Maka banyaklah untuk mengkonsumsi air setiap harinya. Dianjurkan untuk meminum air putih minimal 8 gelas per hari.

4. Biasakan makan dengan teratur

Tidak jarang sebagian orang mengabaikan hal ini. Biasakanlah untuk makan teratur. Jangan pernah menunda-nunda makan. Bila kebiasaan menunda makan sering dilakukan, bukan tidak mungkin akan mendatangkan penyakit seperti asam lambung, maag.

5. Hindari stress berlebihan


Memang sih semua orang pasti pernah mengalami stress. Namun, tidak ada salahnya bagi kita untuk tidak terlalu berlebihan akan hal itu. Bila stress sudah berlebihan, alangkah baiknya rilekskan diri sejenak.

Jangan terlalu membebani hidup dengan stress. Selalu untuk berpikir positif agar hidup kita jauh lebih terarah dan lebih rileks.

6. Istirahat yang cukup


Walau banyak rutinitas yang kita lakukan setiap hari, bukan berarti tubuh kita tidak membutuhkan istirahat. Istirahat yang cukup sangat dianjurkan karena istirahat dapat mengembalikan stamina tubuh serta membuat semangat baru.

Mungkin itu saja pemaparan kali ini. Sekian ulasan seputar cara menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari dengan mudah. Semoga tetap semangat ya dalam menjalankan hidup ini. Mudah-mudahan bermanfaat :)

Artikel Terkait

3 comments


EmoticonEmoticon